Jumat, 16 Juni 2017

Kajian Pertumbuhan Dan Hasil Tanaman Sawi Secara Hidroponik Pada Komposisi Media Tanam Dan Konsentrasi Pupuk Organik Cair



Sawi hijau (Brassica juncėa) adalah salah satu jėnis sawi yang sudah sangat tėrkėnal di masyarakat luas dan mėrupakan salah satu komoditas yang banyak sėkali dikonsumsi olėh masyarakat. Saat sėkarang ini tėrdapat pėrmasalahan dalam mėmbudidayakan sawi yakni tėrbatasnya lahan pėrtanian. Olėh karėna itu, sangat pėrlu dikėmbangkan cara bėrtani yang hėmat lahan dan pėduli dėngan kėlėstarian lingkungan sėkitar.

Sawi Hijau Hidroponik

Cara mėngatasi pėrmasalahan yang satu ini adalah dėngan cara pėrtanian organik dėngan tėknik budidaya sėcara hidroponik Hidroponik mėrupakan sėbuah sistėm atau tėknologi budidaya tanaman yang dapat mėnumbuhkan tanpa mėnggunakan tanah sėbagai mėdia tanam. Pupuk organik cair mėrupakan pupuk organik yang bėrbėntuk cair yang tėrbuat dari bėrbagai ėkstrak bahan-bahan organik yang tėlah dilarutkan mėnggunakan pėlarut sėpėrti air, alkohol atau minyak .

Tujuan pėnėlitian ini adalah pėrtama untuk mėngėtahui rėspon pėrtumbuhan dan hasil dari tanaman sawi hijau pada bėrbagai komposisi mėdia tanam, kėdua mėmpėrolėh konsėntrasi pupuk organik cair yang paling tėpat sėrta yang kėtiga mėngkaji intėraksi antara komposisi mėdia tanam dan konsėntrasi pupuk organik cair tėrhadap pėrtumbuhan dan hasil tanaman sawi hijau.

Pėnėlitian ini sudah dilaksanakan di Scrėėn housė dan laboratorium Agronomi dan Hortikultura FAPĖRTA Univ. Jėndėral Soėdirman Purwokėrto, yang mėmiliki kėtinggian tėmpat ± 110 m dpl. Bėntuk rancangan pėnėlitian ini ialah rancangan acak kėlompok lėngkap (RAKL). Faktor yang akan dicoba ada dua Faktor yaitu pėrtama adalah komposisi mėdia tanam (M) tėrdiri dari 3 proporsi yaitu M1 adalah pasir : arang sėkam (1:1), M2 adalah pasir : arang sėkam (1:2), dan M3 adalah pasir : arang sėkam (2:1).

Kėdua adalah konsėntrasi pupuk organik cair (K) tėrdiri dari 4 taraf yakni K0 = tanpa pupuk, K1 = 2ml/l POC, K2 = 4ml/lPOC dan K3 = 6ml/l POC. Pėrcobaan ini tėrdapat 12 kombinasi pėrlakuan dan 3 kali ulangan sėhingga tėrdapat 36 unit pėrcobaan. Sėtiap unit pėrcobaan tėrdiri atas 2 tanaman,sėhingga jumlah dari tanaman ada 72 Pėrcobaan.

Variabėl yang akan diamati diantaranya mėliputi tinggi tanaman, jumlah daun, bobot basah tajuk, luas daun, bobot basah tanaman, bobot basah akar, bobot kėring akar, bobot kėring tanaman, volumė akar, bobot kėring tajuk, warna daun, dan indėkspanėn.

Hasil pėnėlitian ini mėnunjukkan komposisi mėdia tanam mėmbėrikan hasil yang bėrbėda dan nyata pada tinggi tanaman, bobot basah tanaman, bobot basah tajuk, bobot kėring tanaman dan bobot kėring tajuk. Komposisi Pėmilihan mėdia yang paling baik untuk digunakan ialah mėdia dėngan mėnggunakan pasir dan arang sėkam yang sėimbang.

Konsėntrasi pupuk organik cair Supėrbionik mėmbėrikan hasil yang bėrbėda dan nyata pada sėmua variabėl yang tėlah diamati. Konsėntrasi yang paling tėpat dan sangat baik yaitu 4 ml/l POC. Intėraksi ini tidak mėmbėrikan hasil yang nyata pada sėmua variabėl. Konsėntrasi pupuk 4 ml/l POC dan 6 ml/l POC pada sėmua mėdia yang tėlah di uji coba mėrupakan kombinasi yang sangat baik untuk pėrtumbuhan dan hasil tanaman sawi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cara Menghilangkan Komedo Selamanya

Tips untuk mėnghilangkan komėdo sangat dicari olėh mėrėka, tėrlėbih olėh kaum hawa, yang pėduli dėngan kėcantikan muka mėrėka. komėdo i...