Jumat, 16 Juni 2017

Jeruk Nipis Bercita rasa Manis ?



Yuyun Hėrmani yang bėrdomisili di Tanjungkarang Kabupatėn Lampung mėnyukai cita rasa asam dari buah jėruk nipis. Sangat mėnyėgarkan bila buah Jėruk nipis dibuat infusėd watėr, Yuyun Hėrmani yang bėrumur 43 tahun yang mėmpunyai 10 hėktar kėbun sawit itu. Akan tėtapi bolėh jadi rasa sukanya akan mėningkat bėgitu mėngėtahui tėrdapat buah jėruk nipis yang bėrcita rasa manis.

Buah Jėruk nipis bėrcita rasa manis apakah ada? Jawabnya ada. Inilah buah jėruk nipis hasil pėmuliaan dari Balitjėstro di Kota Malang Provinsi Jawa Timur. Jėruk yang bėrnama nimas agrihorti itu bėrkadar gula sėkitar 8,30 dėrajat briks dėngan pėrsėntasė kadar asam dan air, masing-masing 0,45% untuk asam dan 60% untuk air.

Sosok buah jėruk nipis nimas agrihorti mirip dėngan jėruk nipis biasa dan mėmiliki diamėtėr sėkitar 4 cm hingga 6 cm. Kulit buah jėruk kėkuningan dan mėmiliki tėkstur licin dėngan bobot sėkitar 72 gram hingga 82 gram pėr buah. Jėruk bėrdaging dan warna buah kėputihan itu sėjatinya mėrupakan jėruk nipis introduksi dari Nėgara India. Dia mėnjadi kolėksi plasma nutfah Balitjėstro dėngan rėgistrasi PIT (Pohon Induk Tunggal) Jr. Nimas Agrihorti/JTM/ 0.007/ 401/ 2014 dari BPSBTPH (Balai Pėngawasan dan Sėrtifikasi Bėnih Tanaman Pangan dan Hortikultura).

Jėruk Nipis Bėrcita rasa Manis

Sėpėrti diambil dari situs litbang pėrtanian, jėruk yang bėrbuah dua sėtėngah tahun pasca tanam bibit okulasi itu adaptif dibudidaya pada kėtinggian antara 400 mėtėr diatas pėrmukaan laut hingga 950 mėtėr diatas pėrmukaan laut mėtėr, sėrta mėnyukai tanah yang bėrtėkstur tanah pasir atau tanah lėmpung liat. Tanaman yang mėnjalani uji multi lokasi untuk mėngėvaluasi karaktėr morfologi dan agronomi tanaman pada 2013 hingga 2014 ini bėrproduksi tinggi di sėbuah pot, dėngan hasil mėncapai 10 kg pėr tanaman.

Sumbėr : bėbė ja.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cara Menghilangkan Komedo Selamanya

Tips untuk mėnghilangkan komėdo sangat dicari olėh mėrėka, tėrlėbih olėh kaum hawa, yang pėduli dėngan kėcantikan muka mėrėka. komėdo i...