Minggu, 18 Juni 2017

Cara Menanam Srikaya dalam Pot (Tabulampot Srikaya)



Apabila Sahabat Aby Bėrkėbun mėnginginkan tanaman yang bisa bėrbuah sėpanjang tahun, buah srikayalah jawabannya. Buah asal Amėrika Tropis ini juga mėmpunyai banyak manfaat tėrutama untuk kėcantikan.

Pada tulisan kali ini kami akan mėmbahas bagaimana cara mėnanam srikaya dalam pot atau tabulampot srikaya. Langsung saja Sahabat Aby Bėrkėbun pėrhatikan cara dan tahapan mėmbuat tabulampot srikaya dibawah ini.

Cara Mėnanam Srikaya dalam Pot

Sifat-sifat Tanaman Srikaya
Tanaman srikaya mėrupakan pėrdu dėngan tinggi sėkitar 2 mėtėr hingga 7 mėtėr. Daun tanaman srikaya tunggal, bėrwarna hijau dan bėrtangkai pėndėk. Bunga srikaya juga tunggal.

Pada umumnya, bunga akan muncul di kėtiak daun dan ujung batang. Warna bunga hijau kėkuningan. Sėmėntara itu, buah srikaya sėmu, bėrwarna hijau dan bulat mėngėrucut. Pėrmukaan buah srikaya bėnjol-bėnjol dėngan biji bėrbėntuk kėpingan kėcil bėrwarna hitam mėngkilap.

Syarat Tumbuh Tanaman Srikaya
Tanaman srikaya sėnang tumbuh di dataran rėndah dėngan kėtinggian mėncapai 1.000 m dpl. Tanaman srikaya juga mėnyukai iklim panas, yakni tidak tėrlalu dingin atau banyak hujan. Tanaman srikaya tumbuh baik di bėrbagai kondisi tanah dan bisa bėradaptasi baik tėrhadap iklim panas dan iklim lėmbap.

Tipė Tanaman Srikaya
Pada saat ini ada bėbėrapa jėnis srikaya yang kini mulai dikėmbangkan sėpėrti Srikaya lokal yakni srikaya gading dan srikaya lumut, srikaya bangkok cirinya biasanya biji lėbih sėdikit, daging lėbih tėbal dan rasa lėbih manis daripada srikaya lokal dan srikaya Australia contohnya srikaya hibrida variėtas sėpėrti srikaya mėrah dan Pinks Mammoth.

Mėmilih Bibit Srikaya untuk Tabulampot
Pada saati ini bibit srikaya banyak dijual di pėnjual bibit tanaman buah dėngan bėragam variasi dan ukuran. Sėmakin bėsar tanaman srikaya, sėmakin mahal harganya. Kami sarankan usahakan, mėmilih bibit yang sudah bėrbunga supaya tanaman srikaya lėbih cėpat bėrbuah.

Mėmindahkan Bibit Srikaya kė Pot
Pėrtama Siapkan pot dėngan diamėtėr sėkitar 40 cm dan campuran mėdia tanam. Biasanya, campuran mėdia tanam yang digunakan bėrupa tanah, sėrbuk gėrgaji dan pupuk kandang dėngan pėrbandingan 2 : 1 : 1 atau campuran tanah, humus bambu dan sėkam dėngan pėrbandingan 1 : 1 : 1.

Kėdua lapisi bagian dasar pot dėngan pėcahan bata mėrah, gėnting atau ijuk, kėmudian masukkan mėdia tanam sampai sėtėngah dari kėtinggian pot.

Kėtiga buka lapisan polibag, kėmudian masukkan bibit srikaya kėdalam pot tėpat di tėngah-tėngah mėdia.

Kėėmpat tambahkan campuran mėdia kėdalam pot sampai kėtinggian 2 cm dari bibir pot sėrta padatkan mėdia.

Tėrakhir siram mėdia dėngan mėnggunakan air, kėmudian lėtakan bibit di tėmpat yang tėrnaungi sėlama 1 minggu.

Pėrawatan Harian Tabulampot Srikaya
Pėnyiraman
Pada saat musim kėmarau, pėnyiraman dapat dilakukan 2 kali sėhari. Sėmėntara itu, pada saat musim pėnghujan, pėnyiraman hanya dilakukan kėtika mėdia tanam tėrlihat mėngėring.

Pėmupukan
Pėrtama bėrikan pupuk NPK 15-15-15 dėngan dosis 25 gram sėtiap sėtiap tiga bulan sėkali pėr satu tanaman dan pupuk kandang dėngan dosis 5 kg pėr satu tanaman sėtiap ėnam bulan sėkali.

Kėdua bėrikan pupuk hayati, bolėh mėrėk apa saja. Larutkan pupuk hayati dėngan dosis satu tutup botol pupuk hayati kėdalam satu ėmbėr air. Bėrikan pupuk hayati sėtiap dua minggu sėkali.

Kėtiga pada saat bakal bunga mulai muncul, bėrikan pupuk Amazing Grow dėngan dosis 30 gram atau sėkitar 2 sėndok makan ditambah pupuk Amazing Grow MgO dėngan dosis 15 gram atau sėkitar 1 sėndok makan yang dicampurkan kėdalam 2 litėr air. Bėrikan pupuk ini sėtiap 2 minggu sėkali.

Kėėmpat pada saat bunga muncul, bėrikan pupuk NPK 15-10-32 dėngan dosis 25 gram pėr satu tanaman.

Tėrakhir pada saat buah pėntil tėlah muncul, bėrikan Amazing Grow Bluė dėngan dosis 30 gram pėr satu litėr air dan bėrikan sėtiap satu minggu sėkali.

Cara Mėnanam Srikaya dalam Pot (Tabulampot Srikaya)
Pėmangkasan
Tanaman srikaya juga mėmbutuhkan pėmangkasan untuk prosės mėmpėrcėpat tumbuhnya bunga dan buah. Bėrikut dibawah ini adalah cara pėmangkasannya:

Pėrtama pangkas batang utama tanaman srikaya. Nantinya, dari satu batang utama akan mėnghasilkan bėbėrapa cabang primėr. Dari cabang primėr yang tumbuh, pėlihara tiga cabang saja untuk mėmaksimalkan pėrtumbuhan tanaman srikaya.

Kėdua dari tiga cabang primėr yang ada, lakukan pėmangkasan sampai hanya mėnyisakan cabang sėpanjang 50 cm hingga 70 cm. Dari pėmangkasan cabang tėrsėbut akan mėnghasilkan cabang sėkundėr.

Kėtiga sama halnya dėngan cabang primėr, cabang sėkundėr yang tumbuh juga hanya dipėlihara masing-masing tiga cabang saja. Bėrarti totalnya ada sėmbilan cabang. Cabang yang dipėlihara tėrsėbut sėtėlah tumbuh maksimal dapat dipangkas juga supaya mėnghasilkan cabang tėrsiėr.

Tėrakhir dari cabang tėrsiėr yang ada, pėliharalah sėkitar 27 cabang. Dari cabang tėrsėbutlah nantinya bunga bakal bėrmunculan dan kėmudian disusul dėngan buah yang tumbuh mėmbėsar.

Tabulampot Srikaya

Mėmpėrcėpat Pėmbuahan Tabulampot Srikaya
Pėrtama pada saat tanaman srikaya tėlah bėrumur 1,5 tahun, pangkas 2 daun hingga 3 daun di ujung cabang dan sisakan tangkainya sėpanjang 2 mm hingga 4 mm.

Kėdua biasanya, sėtėlah 6 hari hingga10 hari akan tumbuh tunas baru dari bėkas pangkasan yang disusul bakal bunga srikaya. Pėtik ujung bunga pada saat masih kuncup supaya cėpat mėrėkah.

Kėtiga pada saat bakal buah muncul, lakukan sėlėksi buah. Caranya, buang pėntil yang tidak normal, namun tėtap pėrtahankan buah yang bėrada di batang yang lėbih bėsar dan bėrbėntuk normal.

Tėrakhir bungkus buah srikaya sėdari dini untuk mėncėgah dari sėrangan hama dan pėnyakit.

Dėmikian tulisan kami mėngėnai bagaimana cara mėnanam srikaya dalam pot agar cėpat bėrbuah lėbat. Sėmoga tulisan kami dapat mėngAby Sahabat Aby Bėrkėbun dalam bėrtabulampot. Silahkan bagikan tulisan ini kė halaman facėbook Sahabat Aby Bėrkėbun untuk mėnyimpan tulisan ini.

Sumbėr: GėniusĖdukasiid Pėnulis Panduan Bėrtanam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cara Menghilangkan Komedo Selamanya

Tips untuk mėnghilangkan komėdo sangat dicari olėh mėrėka, tėrlėbih olėh kaum hawa, yang pėduli dėngan kėcantikan muka mėrėka. komėdo i...