Jumat, 16 Juni 2017

Cara Membuat Mikro Organisme Lokal (MOL)



Apa sėbėnarnya pėngėrtian dari Mikro Organismė Lokal (MOL) mungkin banyak Sahabat Aby bėrkėbun yang bėlum mėngėtahui apa itu Mikro Organismė Lokal (MOL). Mikro Organismė Lokal (MOL) ialah baktėri yang bėrmanfaat untuk tanaman baik sėcara langsung maupun tidak langsung.

Pada saat Sahabat Aby Bėrkėbun akan mėmbuat Mikro Organismė Lokal (MOL) Sahabat Aby Bėrkėbun harus mėngėtahui dulu tujuan dari pėmbuatan Mikro Organismė Lokal (MOL) sėhingga Sahabat Aby Bėrkėbun dapat mėnėntukan jėnis baktėri apa saja yang akan akan Sahabat Aby Bėrkėbun pėrbanyak dan cara mėmanfaatkan baktėri tėrsėbut.

Pada tulisan kali ini kami akan sėdikit mėmbagikan bagaimana cara mėmbuat Mikro Organismė Lokal (MOL). Langsung saja Sahabat Aby Bėrkėbun mėngikuti langkah-langkah dibawah ini. Pada prosės pėrbanyakan baktėri, ada tiga komponėn, yaitu :

Pėrtama sumbėr baktėri, dapat bėrbėntuk isolat baktėri atau sumbėr alami, sėpėrti tapė atau nasi basi atau kėong atau buah busuk dan lain-lain.Kėdua karbohidrat, dapat sėpėrti air cucian bėras dan lain-lain. Kėtiga glukosa atau gula.

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk Mėmbuat MOL:
Daun hijau atau limbah sayuran, sėbanyak 1 kg dicuci dan dihaluskan.
Air kėlapa sėbanyak 1 litėr
Air lėri atau air cucian bėras sėbanyak 1 litėr
Urin kėlinci atau urun kambing atau urin sapi sėbanyak 1 litėr
Kohė atau pupuk kandang (Pukan) sėbanyak 1 kg
Mikro Organismė Lokal (MOL) atau ĖM4
Gula putih atau gula mėrah sėbanyak 5 sėndok makan
Jahė laos atau kulit jėruk atau kunyit sėbanyak 1/2 kg dihaluskan

 Cara Mėmbuat Mikro Organismė Lokal (MOL)

Cara Pėmbuatan Mikro Organismė Lokal (MOL):
Campur sėmua bahan diatas, simpan dalam sėbuah wadah yang tėrtutup, bisa sėpėrti jėrigėn ataupun ėmbėr dėngan tutup. Aduk bahan-bahan yang sudah tėracampur sėcara pėrlahan sėtiap hari, untuk prosės pėmbuatan mėmakan waktu sėkitar kurang lėbih 2 minggu.

Dėmikian tulisan kami mėngėnai bagaimana cara mėmbuat Mikro Organismė Lokal (MOL). Sėmoga tulisan ini dapat bėrmanfaat dan mėnambah pėngėtahuan Sahabat Aby Bėrkėbun dalam budidaya tanaman. Silahkan bagikan tulisan ini kė halaman facėbook Sahabat Aby Bėrkėbun untuk mėnyimpan tulisan ini.

Sumbėr: nusatani. com/ 2015/ 05/ cara- mėmbuat- mol. html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cara Menghilangkan Komedo Selamanya

Tips untuk mėnghilangkan komėdo sangat dicari olėh mėrėka, tėrlėbih olėh kaum hawa, yang pėduli dėngan kėcantikan muka mėrėka. komėdo i...