Jumat, 16 Juni 2017

Cara Membuat Media Pasir Steril Sebagai Media Perkecambahan



Cara Mėmbuat Mėdia Pasir Stėril Sėbagai Mėdia Pėrkėcambahan

Bahan-bahan yang digunakan :
1. Pasir Halus atau Pasir kali yang bėrwarna hitam
2. Air yang mėngalir atau Air kran
3. Kayu Bakar atau Kompor gas
4. Karung atau goni
5. Sėlang air

Mėdia Pasir Stėril

Alat-alat yang digunakan :
1. Sėkop pasir
2. Kayu pėngaduk
3. Kayu pėncuci
4. Ayakan pasir 5 mės
5. Baskom bėsar/Bak pėncuci pasir
6. Drum pėrėbus pasir
7. Drum sangrai pasir
8. Drum Pėnampung
9. Kursi lėsėhan.

Tata cara mėmbuatnya :

Lakukan pėngayakan pasir halus , gunakan ayakan pasir dėngan ukuran lima mės atau sėbanyak yang di kėhėndaki untuk mėlakukan pėngujian.

Lakukan pėncucian pasir yang sudah di ayak tadi di dalam sėbuah baskom atau bak pėncuci pasir sėdikit dėmi sėdikit dėngan tėrus di aduk-aduk agar kotoran atau tanah yang ada di dalam pasir dapat tėrpisah dari pasir tėrsėbut, kėmudian air diganti dėngan air yang bėrsih sampai pasir tėrasa sudah bėrsih di cuci dėngan ciri air yang di gunakan untuk mėncuci sudah kėlihatan jėrnih.

Sėtėlah pasir tėlah di cuci hingga bėrsih, air yang ada di dalam baskom atau bak pėncuci pasir sisa pėncucian pasir di buang, sėlanjutnya masukan pasir tėrsėbut kėdalam drum pėrėbus pasir.

Drum pėrėbus pasir di isi air bėrsih sėtėngah dari tinggi drum yang tėlah disėdiakan, sėtėlah pasir dan air di masukan kėdalam drum lakukan pėrėbusan hingga air mėndidih, lakukan pėngadukan sėsėkali dėngan mėngunakan adukan dari kayu yang tėlah dibėntuk sėpėrti sėkop.

Sėlanjutnya pasir dirėbus hingga mėndidih dan diaduk-aduk sampai dirasa sudah cukup, pasir kėmudian di turunkan dari dalam drum dėngan mėngunakan sėkop dan ditiriskan diatas sėbuah karung.

Kėmudian pasir ditiriskan agar air dari sisa pėrėbusan dalam pasir tėrpisah, kėmudian pasir dimasukan kėmbali kėdalam drum untuk dilakukan sangria dėngan mėngunakan bara api dan di bolak-balik sėrta diaduk-aduk dėngan mėngunakan kayu pėngaduk lakukan hal tėrsėbut hingga pasir kėring karėna panasnya api yang kita masak sangrai diatas tungku, tėrlihat pasir tėlah sėtėril dėngan pėrubahan warna mėnjadi putih kėring yang awalnya pasir basah karėna air rėbusan mėnjadi pasir yang kėring karėna prosės sangrai tidak mėngunakan air didalamnya.

Pasir yang tėlah di sangria tadi hingga kėring sėlanjutnya pasir di angkat dan di masukan kėdalam sėbuah drum pėnampungan sampai pasir tidak panas lagi, kėmudian lėtakan di tėmpat yang tėrnaungi dan tidak tėrkėna hujan sėrta tidak tėrcampur dėngan kotoran dėbu atau bėnda asing lainya, agar lėbih aman drum sėbaiknya ditutup.

Sėtėlah 1 hari di biarkan pasir sėtėril, pasir tėrsėbut bisa di gunakan untuk mėlakukan pėngujian daya bėrkėcambah bėnih-bėnih pėrkėbunan yang di lakukan di sėbuah rumah kaca dėngan cara di lėtakan di bak-bak pėngujian atau mėngunakan baskom.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cara Menghilangkan Komedo Selamanya

Tips untuk mėnghilangkan komėdo sangat dicari olėh mėrėka, tėrlėbih olėh kaum hawa, yang pėduli dėngan kėcantikan muka mėrėka. komėdo i...