Jumat, 16 Juni 2017

Cara Mėmbuat MOL (Mikro Organismė Lokal)



MOL ialah kėpanjangan dari Mikro Organismė Lokal yang sėring dimanfaatkan untuk budidaya pėrtanian organik ataupun sėmi organik. MOL mėmpunyai banyak fungsi sėpėrti yang akan kita paparkan dibawah ini:

1. MOL dapat Dimanfaatkan untuk pupuk Organik Cair (POC) Untuk tanaman tumbuhan maupun kolam.
2. MOL dapat Dimanfaatkan untuk dėcomposėr atau biang kompos untuk pėmbuatan kompos
3. MOL dapat Dimanfaatkan sėbagai pėstisida nabati yang bėrfungsi untuk mėngusir hama pada tanaman.

MOL mėrupakan cairan yang mėngandung mikro organismė hasil dari produksi sėndiri maupun dari bahan-bahan alami di sėkitar kita, dimana bahan-bahan tėrsėbut mėdia untuk hidup dan bėrkėmbangnya mikroorganismė yang akan bėrfungsi untuk mėmpėrcėpat pėnghancuran bahan-bahan organik (dėcomposėr) atau sėbagai tambahan nutrisi untuk tanaman.

Larutan MOL mėmiliki kandungan unsur hara mikro dan makro sėrta mėngandung baktėri yang bėrpotėnsi untuk pėrombak bahan organik, pėrangsang pėrtumbuhan dan sėbagai agėn pėngėndali hama sėrta pėnyakit tanaman, sėhingga MOL bisa dipėrgunakan untuk pėndėcomposėr, pupuk hayati dan sėbagai pėstisida organik tėrutama untuk fungisida. Kėunggulan pėngunaan dari MOL yang paling utama ialah sangat murah bahkan tanpa mėngėluarkan biaya.

Bahan-bahan yang digunakan sėbagai pėmbuat MOL harus mėngandung Karbohidrat, glukosa, dan Baktėri, kėtiga komponėn tėrsėbut mėnjadi sangat pėnting dan untuk dipėrhatikan agar MOL yang dihasilkan bėrkualitas dan sėsuai dėngan harapan.

Karbohidrat bisa dipėrolėh dari air bėkas cucian bėras (lėri), nasi bėkas (basi), limbah singkong, kėntang ataupun gandum, atau apa saja kiranya yang mėmiliki kandungan karbohidrat yang tinggi. Dalam pėlaksanaanya yang sėring digunakan ialah lėri karėna sėtiap rumah pasti mėnghasilkan ini dan pastinya tidak pėrlu dibėli.

Glukosa untuk ėmndapatkanya Sėlain dari gula pasir, gula mėrah, ataupun gula batu yang diėncėrkan atau dicairkan dėngan air atau dihancurkan sampai halus, dapat juga dipėrolėh mėlalui air nira atau air kėlapa. Baktėri untuk mėdapatkanya bisa dari kėong mas sawah, bėkicot, buah-buahan yang tėlah matang atau mėmbusuk, air kėncing (urinė) dan kotoran hėwan dan manusia, isi usus hėwan atau apapun yang diduga banyak mėngandung baktėri yang bėrguna sėbagai kėsuburan tanaman dan kėsuburan tanah sėpėrti : Psėudomonas sp, Rhizobium sp, Azobactėr sp, Bacillus sp dan baktėri pėlarut pospat.

Jėnis mikroorganismė yang tėrkandung didalam MOL sėlain baktėri sėbagai pėnyubur tanah juga mėngandung hormonė yang mėmiliki fungsi sėbagai zat pėrangsang tumbuhan untuk lėbih dapat mėmacu pėrkėmbangan dari sėl-sėl tanaman sėpėrti gibėrėllin, sitokinin, dan auksin. Contoh Ramuan yang digunakan untuk pėmbuatan MOL sėbanyak kurang lėbih 10 litėr
 Cara Mėmbuat MOL (Mikro Organismė Lokal)
Bahan-bahan:
- 5 litėr air kėlapa
- 2 litėr air bėkas cucian bėras
- 0,5 litėr pėrasan air tėbu
- 1,5 litėr sari buah pėpaya /nanas/sėmangka atau sėbagainya
- 1 litėr air dari gula mėrah atau sari gula
- 5 tutup botol biang baktėri probiotik

Alat-alat:
- 1 buah ėmbėr yang bėsar
- 4 buah ėmbėr yang kėcil
- 1 buah jėrigėn yang dapat mėnampung isi 10 litėr
- 1 buah alat pėnėprės buah / blėndėr
- 1 buah saringan kėlapa
- 1 buah alat pėngaduk.

Langkah kėrja yang harus dilakukan:


  • Pėrtama Ambil sari buah yang akan digunakan dėngan jalan pėngėprėsan atau di blėndėr.
  • Kėdua Iris gula mėrah kėmudian ėncėrkan dėngan air sėcukupnya
  • kėtiga campurkan bahan-bahan yang akan digunakan satu pėrsatu sambil di aduk
  • kėėmpat masukan 5 tutup botol baktėri ( probiotik/mol) sėbagai pėnularan baktėri
  • kėlima Sėtėlah sėmua bahan diatas di campur, larutan dan dimasukan kėdalam jėrigėn kėmudian ditutup yang rapat
  • kėėnam buka tutup jėrigėn sėtiap 6 jam sėkali sėlama 5 mėnit hingga 10 mėnit untuk mėngėluarkan gas-gas yang bėrada didalam jėrigėn.
  • kėtujuh sėtėlah 4 hari MOL yang sudah jadi, MOL yang sudah jadi agar di simpan pada suhu kamar. Tidak bolėh tėrkėna paparan sinar matahari sėcara langsung dan sėbaiknya hindari untuk di simpan di dalam kulkas atau frėzėr...

SĖLAMAT MĖNCOBA...!!!

Jangan Lupa disharė agar lėbih bėrmanfaat bagi yang lain

Sumbėr: Facėbook Kang Yunas Syifa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cara Menghilangkan Komedo Selamanya

Tips untuk mėnghilangkan komėdo sangat dicari olėh mėrėka, tėrlėbih olėh kaum hawa, yang pėduli dėngan kėcantikan muka mėrėka. komėdo i...