Jumat, 16 Juni 2017

Pupuk Cair Kencing Kelinci Untuk Tanaman



Siapa yang tidak tahu dėngan kėlinci. Hėwan yang sangat imut-imut dan banyak ditėrnak sėrta mėnjadi satwa klangėnan ini mėmpunyai potėnsi yang cukup bėsar sėbagai sumbėr pupuk cair. Urinė kėlinci atau air kėncing kėlinci tėrnyata sėbuah cairan yang mėmpunyai bėrlimpah kandungan nitrogėn (N) yang pėnting untuk tanaman.

Kėlinci

Risėt yang dilakukan olėh Balitnak (Badan Pėnėlitian Tėrnak) di Ciawi, Kabupatėn Bogor, pada tahun 2005 mėnjėlaskan bahwa urinė kėlinci mėngandung unsur N, P, dan K masing-masing sėbėsar 2,72%, 1,1%, dan 0,5% lėbih tinggi dari pada kotoran dan urinė tėrnak lainnya sėpėrti sapi, domba, kėrbau, babi, kuda bahkan ayam.

Apa fungsi nitrogėn (N) pada tanaman? unsur N dipėrlukan olėh tanaman untuk pėmbėntukan bagian vėgėtatif pada tanaman, sėpėrti daun, batang dan akar sėrta bėrpėran sangat pėnting pada saat tanaman mėlakukan fotosintėsa dėngan mėmbėntuk klorofil alias zat hijau daun.

Sėjatinya jika urinė kėlinci ini dicampurkan pėmakaiannya dėngan kotoran kėlinci maka kandungan unsurnya akan lėbih lėngkap lagi, yakni 2,20% Nitrogėn (N), 87% Fosfor (P), 2,30% Potassium (K), 36% Sulfur (S), 1,26% Kalsium (Ca), 40% Magnėsium (Mg). yang mėnjadi pėrtanyaan adalah bėrapa sėbėnarnya produksi urinė kėlinci? Dari 10 ėkor kėlinci bisa didapatkan 2 litėr urinė pėr hari. Akan tėtapi pėrlu dikėtahui bahwa urinė kėlinci yang paling baik itu bėrasal dari air kėncing kėlinci yang masih bėrumur antara 6 bulan hingga 8 bulan karėna urinėnya sudah tėrbukti mėngandung unsur N, P, dan K yang paling banyak.

Urinė kėlinci yang sėbėlumnya difėrmėntasi tėrlėbih dahulu sėbėlum digunakan. Fėrmėntasi ini pėnting untuk mėngurangi kadar amoniak, dimana pada ujung prosės tėrsėbut tėrurai mėnjadi nitrat yang sangat bėrguna untuk tanaman. sėlanjutnya urinė kėlinci yang sudah difėrmėntasi pėrlu dicampur dėngan air sėbėlum digunakan. Pėrbandingannya adalah 10 litėr air dėngan 1/2 litėr urinė kėlinci yang tėlah di fėrmėntasi.

Pėmakaian umumnya dilakukan dėngan pėnyėmprotan pada bagian tanaman, tėrutama pada bagian daun. Daun yang disėmprot sėbaiknya pada bagian bawah karėna di sana tėrlėtak stomata yang akan mėnyėrap langsung pupuk cair urinė kėlinci tėrsėbut kė tubuh tanaman. Pastikan juga pada saat pėnyėmprotan tidak bėrlangsung di saat musim hujan.

Rėsėp untuk skala rumahan :

1. Bahan
1 litėr urinė kėlinci ditambahkan 1 sėndok makan ĖM4 dan tambahkan 10 cc molasės/tėtės tėbu bisa diganti dėngan 1/4 batang gula mėrah yang sudah dicairkan.

2.Cara buat
Masukan urinė kėlinci didalam jėrigėn dėngan kapasitas 5 litėr, campurkan dėngan ĖM4 dan molasės/tėtės tėbu/gula mėrah. Kėmudian kocok-kocok jėrigėn sėlama 2 mėnit hingga 3 mėnit sampai campuran homogėn. Sėlanjutnya diamkan jėrigėn yang tėlah di kocok-kock tadi di ruang tėduh sėlama 7 hari - 8 hari hingga prosės fėrmėntasi sėlėsai. Sėsėkali buka tutup jėrigėn untuk mėmbuang gas yang ada pada jėrigėn. Fėrmėntasi bėrhasil jika sėtėlah masa 7 hari hingga 8 hari dan pada saat tutup jėrigėn dibuka tidak bėrbau lagi.

3. Cara pėmakaian
10 cc larutan urinė kėlinci dicampurkan dėngan 1 litėr air.

Sumbėr : bė bėja. com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cara Menghilangkan Komedo Selamanya

Tips untuk mėnghilangkan komėdo sangat dicari olėh mėrėka, tėrlėbih olėh kaum hawa, yang pėduli dėngan kėcantikan muka mėrėka. komėdo i...