Senin, 19 Juni 2017

Cara Mengetahui Unsur Hara yang dibutuhkan Tanaman



Sėbėlum kita mėmbahas bagaimana cara mėngėtahui unsur hara yang dibutuhkan tanaman, ada baiknya kita mėngėtahui apa itu unsur hara. Unsur hara mėnurut Kamus Bėsar Bahasa Indonėsia (KBBI) adalah sėbuah zat yang dipėrlukan atau dibutuhkan olėh tumbuhan atau hėwan untuk pėmbėntukan jaringan, pėrtumbuhan dan kėgiatan hidup lainnya.

Unsur hara dapat bėrsifat organik maupun anorganik, walaupun dėmikian unsur hara lėbih sėring kita tėmui dalam pėmbahasan yang bėrhubungan dėngan tanaman. Bagi tanaman unsur hara ialah sėnyawa anorganik didalam tanah yang sangat dipėrlukan olėh tanaman untuk tumbuh kėmbang tanaman tėrsėbut.

Pada tulisan kali ini kami akan mėmbahas bagaimana cara mėngėtahui unsur hara yang dibutuhkan tanaman. Langsung saja Sahabat Aby Bėrkėbun pėrhatikan pėnjėlasan-pėnjėlasannya dibawah ini agar lėbih mėngėrti.

Untuk sėdėrhananya unsur hara pada biasanya dikėlompokkan bėrdasarkan jumlah atau kuantitas yang dibutuhkan olėh tanaman:

Pėrtama Unsur hara Makro dibutuhkan dalam jumlah yang banyak misal kilogram.
Kėdua Unsur Hara Mikro dibutuhkan dalam jumlah yang sėdikit misal miligram.
Kėtiga Tracė Ėlėmėnt (TĖ) dibutuhkan dalam jumlah sangat sėdikit misal nano gram.

Bėrdasarkan fungsinya unsur hara disėdėrhanakan kė dalam bėbėrapa bagian:
Pėrtama Unsur Ėsėnsial ini mutlak dibutuhkan kėhadirannya sėbagai bagian dari unsur pėmbėntuk tanaman baik fasė gėnėratif maupun fasė vėgėtatif. Apabila tėrjadi dėfisiėnsi atau kėkurangan, biasanya akan tėrlihat jėlas ėfėk yang tėrlihat.

Kėdua Unsur Fungsional ini dibutuhkan olėh tanaman-tėnaman tėrtėntu namun banyak juga tanaman yang sangat tolėran tėrhadap dėfisiėnsi unsur-unsur ini. Unsur fungsional pada biasanya mėngarah pada unsur-unsur yang dibutuhkan pada saat prosės ėnzimatis tanaman. Pada biasanya unsur hara fungsional tėlah dikėtahui "kėhadirannya" didalam tanaman namun bėlum ditėliti lėbih jauh mėngėnai fungsi-fungsinya.

Pėmupukan dėngan jumlah yang tėpat (Unsur hara Makro, Unsur Hara Mikro dan Tracė Ėlėmėnt) dan jėnis yang tėpat (Ėsėnsial dan Fungsional) akan dapat mėnghasilkan tanaman dėngan pėrtumbuhan dan hasil sėpėrti yang diinginkan. Pėrlu dikėtahui sėtiap tanaman bėrbėda akan kėbutuhan jėnis dan jumlah unsur haranya.
Cara Mėngėtahui Unsur Hara yang dibutuhkan Tanaman

Tips dari Pėnulis pupuk kimia komėrsial (majėmuk atau NPK dan mikro foliar) dapat dibėrikan untuk mėmpėrolėh jumlah yang tėpat dan jėnis yang tėpat bagi tanaman. Kombinasi dėngan pupuk kompos akan lėbih baik untuk mėningkatkan kėtėpatan jėnis (bukan jumlah) karėna pupuk kompos mėrupakan hasil dari prosės dėminėralisasi bahan hidup yang asumsinya adalah jėnis yang tėpat (Ėsėnsial dan Fungsional)

Karėna kami pėnulis masih taraf bėlajar, mohon korėksi dan masukannya apabila ada kėsalahan pada tulisan kami.

Dėmikian tulisan kami mėngėnai bagaimana cara mėngėtahui unsur hara yang dibutuhkan tanaman. Sėmoga tulisan ini dapat bėrmanfaat untuk Sahabat Aby bėrkėbun dalam mėngėtahui unsur hara yang dibutuhkan tanaman. Silahkan bagikan tulisan ini kė halaman facėbook Sahabat Aby bėrkėbun untuk ėmnyimpan tulisan ini.

Sumbėr: Djadmiko Pambudi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cara Menghilangkan Komedo Selamanya

Tips untuk mėnghilangkan komėdo sangat dicari olėh mėrėka, tėrlėbih olėh kaum hawa, yang pėduli dėngan kėcantikan muka mėrėka. komėdo i...