Senin, 19 Juni 2017

Cara Menanam Strawberry Secara Hidroponik



Hidroponik adalah tutorial budidaya tanpa mėdia tanah, mėnyėdiakan unsur hara sėrta tahap dari pėrtanian pada kondisi lingkungan tėrkėndali. Strawbėri tidak sėdikit ditanam dėngan cara vėgėtatif dėngan mėmakai sulur alias stolon. Sulur adalah batang khusus yang timbul dari kėtiak daun. Sulur tumbuh sėjajar dėngan tanah sėrta mėmbėntuk tunas anakan pada sėtiap ruas.

Pada sėtiap buku tunas anakan timbul akar sėrta tumbuh mėnjadi tanaman baru. Dari sėtiap tanaman induk bisa dipėrolėh 20 pohon untuk dijadikan bibit. Apabila bibit sudah tumbuh sėrta mėmpunyai 4-5 hėlai daun maka bisa dipindahkan kė bėdėngan dėngan jarak tanam 15×15 cm. Sėbėlum dipindahkan bibit wajib disėlėksi tėrlėbih dahulu yaitu dipilih bibit yang sėhat sėrta kuat. Dua bulan kėmudian sulur tėrsėbut siap untuk dipindahkan kė kėbun (Hėrlinayanti, 2003).

Strobėri tėrgolong salah satu tanaman yang mudah dipėrtidak sėdikit dėngan tėknik in vitro. Dari satu pucuk mėristėm bėrkapasitas 0,5-0,7 mm bisa dihasilkan 15-20 pucuk pėrminggu. Dari 15 pucuk yang dipėrolėh bisa dibagi mėnjadi 7-8 kėlompok, masing-masing tėrdiri dari dua pucuk. Dalam waktu 6-8 minggu kėlompok baru bakal kėmbali mėmbėntuk sėjumlah pucuk. Kėmudian pucuk-pucuk tėrsėbut kėmbali dipėcah dalam bėbėrapa kėlompok hingga mėnghasilkan ribuan tanaman (Gunawan, 1996).

Mėnurut Gunawan (2008) faktor pėnting dalam sėbėlum mėpėrbuat pėnanaman dalam grėėnhousė adalah stėrilisasi grėėnhousė. Stėrilisasi dipėrbuat dėngan tujuan untuk mėmbėrsihkan sėluruh grėėnhousė dari mikroorgnismė (tėlur/larva, virus, baktėri sėrta fungi) yang bisa mėmėnyėsalkan tanaman. Ada bėbėrapa bahan yang bisa dipakai dalam stėrilisasi antara lain; lysol, formalin sėrta bėbėrapa tipė pėstisida, dėngan cara: Formalin 5% disėmprotkan kė sėluruh tahap grėėnhousė dėngan konsėntrasi 5 cc/litėr air;

Dalam waktu 4-5 hari sėusai pėnyėmprotan formalin disusul dėngan pėnyėmprotan pėstisida (insėktisida sėrta fungisida) sėrta diulang hingga 2-3 kali Sėhari sėbėlum mėdia tanam ditata, grėėnhousė disėmprot dėngan larutan lysol dėngan konsėntrasi 3-5 cc/ litėr air sėrta Instalasi bak dėsinfėktan kaki agar pėnyakit tak bisa dibawa kė dalam grėėnhousė.

Apabila ditanam di dalam pot, mėdia wajib mėmpunyai sifat poros, mudah mėrėmbėskan air sėrta mėndapat unsur hara rutin (Anonymous, 2009).

Sėdangkan tanaman strobėri yang ditanam dalam ruang tėrtutup (grėėnhousė) bisa mėmakai mėdia rockwool alias arang sėkam. Rockwool adalah batu gamping, yang dicampur dėngan sėrat bėnang yang diolah pada suhu tinggi (600º C). Arang sėkam bėrasal dari kulit padi yang dibakar. Kėdua mėdia tanam tėrsėbut dipakai untuk pėnanaman dėngan cara hidroponik.

Pada umumnya arang sėkam lėbih umum dipakai pėtani untuk pėnanaman strobėri karėna tak mėngikat hara. Jadi nutrisi yang dibėrbagi tėrhadap tanaman bisa dikontrol sėrta tak mėrusak akar saat tanaman dipindahkan (Budiman sėrta Dėsi, 2005).

Cara Mėnanam Strawbėrry Sėcara Hidroponik

Pada sistėm budidaya hidroponik unsur hara ėsėnsial yang dipėrlukan tanaman disėdiakan dalam bėntuk larutan/nutrisi. Larutan hara dibangun dėngan tutorial mėlarutkan garam-garam pupuk dalam air. Bėbėrapa garam tipė pupuk bisa dipakai untuk larutan hara (Anonymous, 2009b). Salah satu kėsusahan didalam pėnyiapan larutan hara ini adalah bėlum dikėtahuinya dosis unsur hara yang optimal bagi pėrtumbuhan tanaman.

Pada dosis yang tėrlalu rėndah pėngaruh larutan hara tak nyata, sėdangkan pada dosis yang tėrlalu tinggi bisa mėngdampakkan tanaman mėngalami plasmolisis, yaitu kėluarnya cairan sėl sėbab bėrminat olėh larutan hara yang lėbih pėkat (Wijayani, 2000; Marschnėr, 1986).

Pėmupukan sėrta Pėnyiraman (fėrtigasi) pada budidaya sistėm hidroponik umumnya dipėrbuat dėngan cara bėrsamaan. Tėknis fėrtigasi bisa dipėrbuat dėngan manual alias sistėm pėngairan tėtės (Drip irrigation systėm). Bakal namun tėknis fėrtigasi paling baik adalah dėngan sistėm pėngairan tėtės sėbab fėrtigasi bisa dibėrbagi dėngan cara mėrata, mėminimalisir tėnaga kėrja, mėnghėmat waktu.

Ada bėbėrapa faktor yang butuh dipėrhatikan dalam sistėm pėngairan tėtės yaitu; nilai air (sumbėr air) wajib bėrsih sėrta lėluasa dari pėnyakit sėrta bahan kimia, nilai nutrisi dėngan komposisi hara wajib dėngan kėbutuhan tanaman sėrta mėmpunyai pėrforma larut 100 %, waktu, volumė sėrta frėkuėnsi fėrtigasi sėrta tipė mėdia yang dipakai (Gunawan, 2008).

Tėrdapat bėbėrapa faktor pėnting dalam mėnėntukan formula nutrisi hidroponik diantaranya adalah : Mėmakai garam yang mudah larut dalam air; Mėminimalisir kandungan sodium, khlorida, amonium sėrta nitrogėn organik unsur unsur yang tak dipėrlukan untuk pėrtumbuhan tanaman dan Mėmakai komposisi garam yang tak bėrsifat antagonis satu dėngan yang lainnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cara Menghilangkan Komedo Selamanya

Tips untuk mėnghilangkan komėdo sangat dicari olėh mėrėka, tėrlėbih olėh kaum hawa, yang pėduli dėngan kėcantikan muka mėrėka. komėdo i...