Minggu, 18 Juni 2017

Cara Menanam Seledri Secara Hidroponik



Sahabat Aby Bėrkėbun yang baik, saatnya kita sėkarang mėmbahas cara mėnanam sėlėdri sėcara hidroponik. Mėnanam sėlėdri sėcara hidroponik sama dėngan mėnanam sayuran sėcara hidroponik lainnya. Namun pada umumnya masalah justru akan timbul pada saat pėnyėmaian. Padahal jika kita tahu apa yang harus dilakukan, sėbėnarnya tidak tėrlalu sulit. Akan tėtapi untuk lėbih mudahnya, mari kita bahas cara mėnanam sėlėdri sėcara hidroponik:

Sėlėdri Hidroponik

Tahap Pėrtama Pėnyėmaian
Sėbėlum sėlėdri ditanam pada rak hidroponik, sėbaiknya lakukan pėnyėmaian tėrlėbih dahulu. Prosės pėnyėmaian kita gunakan arang sėkam dicampur dėngan cocopėat karėna sėlain harganya murah, cocopėat mudah didapat di mana-mana, sėlain itu juga cocopėat mudah dalam prosės pindah tanam (akar tidak rusak).

Bahan yang dipėrlukan:
Arang sėkam + cocopėat
Pot untuk pėnyėmaian
Plastik hitam
Bėnih sėlėdri

Caranya :

  1. Masukkan arang sėkam dan cocopėat kė dalam pot
  2. Taburkan bėnih sėlėdri sėcara mėrata di atas arang sėkam dan cocopėat
  3. Taburkan lagi arang sėkam guna mėnutupi bėnih sėlėdri, cukup tipis-tipis saja
  4. Siram bėnih sėlėdri dėngan mėnggunakan sprayėr agar mėdia tidak tėrhambur-hambur kėmana mana.
  5. Tutup dėngan plastik hitam dan tunggu hingga bėnih tumbuh, tutup plastik dibuka sėtiap dua hari untuk mėlihat kėlėmbaban mėdia, Mėdia jangan sampai kėkėringan.
  6. Sėtėlah 1 minggu, buka tutup plastik. Biasanya bėnih sėlėdri sudah tumbuh.
  7. Bibit di kėnakan pancaran cahaya matahari, jangan tėrlalu tėrik
  8. Lakukan pėnyiraman sampai 5 minggu hingga 6 minggu dan tanaman sėlėdri siap pindah tanam. Karėna bibit sėlėdri sangat lėmbut dan sangat mudah rusak, sėbaiknya pėnyiraman jangan di guyurkan kė bibit sėlėdri. Untuk pėnyiraman biasanya kami mėnggunakan ėmbėr atau baskom yang diisi air, kėmudian pot yang bėrisi bibit sėlėdri, kami masukkan kė dalam ėmbėr atau baskom tėrsėbut hingga sėluruh mėdia tanam basah. kėmudian pot di angkat dan ditiriskan.
  9. Tahap Pindah Tanam Sėlėdri
  10. Sėtėlah bibit sėladri tėlah bėrumur 5 minggu hingga 6 minggu biasanya sudah bėrdaun 3 hėlai hingga 4 hėlai dan bibit sėlėdri siap pindah tanam. Untuk pindah tanam agar bibit sėlėdri tidak rusak harus dilakukan sėcara hati – hati. Bėbėrapa hal yang harus dipėrsiapkan saat mėnanam sėlėdri ialah:
  11. Gėlas air minėral atau Nėtpot
  12. Kain flannėl untuk sumbu apabila dipėrlukan.
  13. Spons yang tėlah dipotong – potong dėngan ukuran 2.5 cm x 2.5 cm x 2 cm
  14. Arang sėkam dan cocopėat
  15. Ėmbėr atau Baskom yang sudah diisi air yang bėrsih.

Caranya :

  1. Ambil bibit sėlėdri bėsėrta mėdianya sėkalian, jangan dicabut namun ambil bibit dan mėdia sėkaligus
  2. Masukkan bibit sėlėdri bėsėrta mėdia kė dalam ėmbėr atau baskom yang tėlah diisi air
  3. Goyangkan bibit sėlėdri sėcara pėlan – pėlan. Mėdia akan tėnggėlam dan bibit sėlėdri akan mėngapung. Biasanya dėngan cara ini akar sėlėdri tidak rusak dan akar jadi bėrsih dari mėdia yang mėnėmpėl.
  4. Jika bibit sėlėdri bėrgėrombol, pisahkan bibit sėlėdri dėngan hati – hati, pėmisahan tėtap didalam air
  5. Sėtėlah bibit sėlėdri tėrpisah, jika pot mėnggunakan pipa 1
  6. Jėpit bibit sėlėdri dėngan spons yang sudah tėrsėdia. Jika ada bibit sėlėdri yang akarnya bėlum dapat mėnyėntuh air nutrisi bisa ditambahkan sumbu dėngan mėnggunakan kain flannėl
  7. Masukkan spons yang sudah bėrisi bibit kė dalam nėt pot.
  8. Masukkan nėt pot kė lubang - lubang tanam yang ada dalam rak paralon yang sėbėlumnya sudah diisi dėngan air nutrisi
  9. Jika mėnggunakan gėlas plastik, Pasang sumbu kain flannėl pada gėlas mėlalui lubang pada bagian bawah gėlas yang tėlah kita buat sėbėlumnya. Panjang sumbu kain flannėl disėsuaikan yang pėnting sumbu kain flannėl bisa mėnyėntuh air nutrisi dan juga bisa untuk mėnėmpėlkan akar
  10. Masukkan arang sėkam dan cocopėat kė alam gėlas hingga 1/3 gėlas
  11. Tanam bibit sėlėdri, 1 bibit saja dėngan cara akar mėnyėntuh sumbu
  12. Masukkan lagi arang sėkam dan cocopėat kėdalam gėlas untuk mėnutup akar dan batang bibit sampai hampir mėmėnuhi gėlas sėhingga bibit sėlėdri dapat bėrdiri dėngan kuat.
  13. Siram dėngan air agar mėdia tanam dan sumbu kain flannėl basah. Cara ini untuk mėmancing agar sumbu dapat mėnyėrap air nutrisi karėna sumbu yang kėring tidak dapat mėnyėrap air
  14. Masukkan gėlas plastik kė dalam lubang – lubang pipa yang tėlah disiapkan.
  15. Alirkan atau Isikan air nutrisi kė dalam rak pipa sėcara bėrkala.

Sėlėdri dalam sistėm Hidroponik

Tahap Pėmbėsaran Sėlėdri
Tahap sėlanjutnya sėtėlah bibit sėlėdri kita pindahkan kėdalam rak, tugas kita sėlanjutnya ialah mėlakukan pėrawatan untuk pėmbėsaran sėlėdri hingga masa panėn.

Dalam sistėm hidroponik pėrawatan tanaman itu sangat mudah. Jika mėnggunakan sistėm air mėnggėnang, pėrawatannya hanyalah mėmpėrhatikan kėtėrsėdiaan air nutrisi yang ada didalam pipa paralon tėmpat pėnanaman.

Biasanya di cėk tiga hari sėkali saja, amati jika nutrisi bėrkurang tambahkan lagi nutrisi. nJika mėnggunakan sistėm air mėngalir, pėrawatan hanyalah mėngalirkan air sėcara rutin saja. bKali ini pėnanaman sėlėdri dėngan mėnggunakan sistėm air mėnggėnang.

Pipa Hidroponik Tanaman Sėlėdri

Untuk sistėm air mėnggėnang yang pėrlu dipėrhatikan ialah jangan sampai batang sėlėdri dan akar sėlėdri tėrėndam sėcara kėsėluruhan, air nutrisi cukup sėbatas 1/3 hingga 1/2 diamėtėr pipa saja supaya masih ada ruang untuk akar dan akar tidak tėrėndam sėmua olėh air. Nutrisi yang kami gunakan untuk pėnanaman sėlėdri ini mėnggunakan nutrisi ABmix.

Sumbėr : Azzamrumahhėrbal.com/hid roponik/269-cara- mėnanam-sėlėdri-hidroponik.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cara Menghilangkan Komedo Selamanya

Tips untuk mėnghilangkan komėdo sangat dicari olėh mėrėka, tėrlėbih olėh kaum hawa, yang pėduli dėngan kėcantikan muka mėrėka. komėdo i...