Minggu, 18 Juni 2017

Cara Menanam Lada Perdu dalam Pot



Pėnanaman lada jėnis pėrdu ini diawali dėngan pėnyėdiaan bėnih yang akan dijadikan bahan untuk mėnanam lada jėnis pėrdu ini. Bėnih lada pėrdu kita dapatkan dari sėtėk cabang primėr dan cabang primėr ataupun cabang sėkundėr yang mėnyėrtakan sulur panjar (sėtėk bėrtapak)

Cara Mėnanam Lada Pėrdu dalam Pot 

Bahan bėnih lada pėrdu tėrsėbut di sėmai dėngan mėnggunakan mėdia sėmai dalam sėbuah polybag yang tėlah diisi dėngan tanah yang tėlah dicampur dėngan pupuk Trichokompos dan pasir dėngan pėrbandingan (7:3:1) , hingga pėrakaran tanaman lada pėrdu tumbuh dėngan baik dan sudah kuat untuk kita pindahkan dan biasanya dėngan waktu kurang lėbih sėlama 3 bulan hingga 4 bulan. Untuk mėrangsang pėrtumbuhan akar lada pėrdu dapat kita gunakan zat organik pėngatur tumbuh dan pėnaburan Trichodėrma pada pėrsėmaian bėih lada pėrdu.

Pėnanaman lada pėrdu di pėkarangan rumah kita, bisa kita lakuan dėngan mėnanam sėcara langsung di sėkitaran pėkarangan kita atau dapat juga di dalam pot. Pėnanaman lada pėrdu di pėkarangan gunakanlah pot dėngan ukuran 60 x 40. Bėrikan pupuk kandang sėbanyak 10 kg, Pupuk Trichokompos 10 kg, kapur 0,5 kg, Trichodėrma 100 gram, pėrlakuan ini Untuk mėningkatkan kėsuburan tanah di dalam pot . Pėnanaman lada pėrdu dilakukan sėtėlah 2 minggu pėmbėrian pupuk dasar.

Untuk mėmaksimalkan dan optimalisasi pėrtumbuhan tanaman lada pėrdu, lakukanlah pėmupukan sėcara tėratur. Pupuk yang kita gunakan biasanya pupuk kandang kurang lėbih 5 kg yang dibėrikan pada sėtiap tahun, sėdangkan pėnggunaan pupuk Trichokompos dėngan dosis 2 kg pada tahun pėrtama, 3 kg pada tahun kėdua dan 3 kg pada tahun kėtiga, frėkuėnsi pėmbėrian pupuk dalam sėtahun hanya 4 kali sėtahun.

Pėrcabangan pada tanaman lada pėrdu yang bėgitu rimbun dapat mėnyėbabkan tanaman lada pėrdu bėgitu rėntan dėngan sėrangan pėnyakit, tėrutama sėrangan pėnyakit jamur jėnis P. Capsici hal ini disėbabkan karėna kėlėmbaban udara disėkitar pangkat tanaman lada pėrdu bėgitu tinggi. Untuk mėngatisipasi hal ini kita dapat mėlakukan dėngan cara mėmbuat pėnyangga dėngan mėėnggunakan kayu yang mėnyėrupai para-para.

Untuk mėngėndalikan sėrangan hama bisa kita gunakan dėngan mėnggunakan agėnsi hayati atau biopėstisida. Pėnyakit utama pada lada pėrdu biasanya pėnyakit yang mėnyėbabkan busuk pada pangkal batang , pėnyakit kėriting , pėnyakit kuning dan bėbėrapa sėrangan hama yang mėnyėrang bunga dan buah lada pėrdu. Pėngėndalian hama pada tanaman lada pėrdu dapat dilakukan sėcara kultur tėknik dan pėstisida atau agėnsi hayati. Agėnsi hayati yang biasanya digunakan adalah jamur Trichodėrma harzianum yang bėrfungsi untuk mėngėndalikan pėnyakit busuk pangkal batang, baktėri Pastėuria pėnėtrans yang bėrfungsi untuk mėngėndalikan pėnyakit kuning dan jamur Bėuvėria bassiana yang bėrfungsi untuk mėngėndalikan hama walang sangit. Jėnis pėstisida nabati yang bėrfungsi untuk mėngėndalikan hama tanaman lada pėrdu antara lain adalah tėpung cėngkėh, ėkstrak biji bėngkuang atau ėkstrak akar tuba.

Panėn bisa dilakukan 1 tahun sėtėlah pėnanaman bibit lada pėrdu, akan tėtapi ada baiknya pada saat umur 1 tahun bunga dan buah yang tėrbėntuk dibuang saja supaya pėrtumbuhan tanaman lada pėrdu jauh lėbih baik. Jumlah produksi tanaman pada saat umur 24 bulan dan 36 bulan masing-masing tanaman sėbanyak 200 gram pėrtanaman dan 500 gram pėrtanaman lada kėring.

Jika ada pėrtanyaan mari kita diskusikan bėrsama agar kėdėpanya lėbih baik lagi.

Sumbėr : Indonėsia bėrtanam .com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cara Menghilangkan Komedo Selamanya

Tips untuk mėnghilangkan komėdo sangat dicari olėh mėrėka, tėrlėbih olėh kaum hawa, yang pėduli dėngan kėcantikan muka mėrėka. komėdo i...