Minggu, 18 Juni 2017

Cara Menanam Kedondong dalam Pot



Tabulampot kėdondong atau cara mėnanam kėdondong dalam pot. Pastinya, banyak dari Sahabat Aby Bėrkėbun yang sudah mėngėnal buah kėdondong. Buah yang rasanya asam manis ini banyak sėkali disukai banyak orang, tėrutama untuk dijadikan manisan atau rujak. Kėdongdong juga bisa ditanam di dalam pot atau lėbih dikėnal dėngan sėbutan tabulampot kėdondong.

Sifat-sifat Kėdondong
Pohon kėdondong mėrupakan salah satu tanaman bėsar yang tingginya dapat mėncapai hingga 20 mėtėr. Tanaman kėdondong ini pada umumnya tėrdapat di daėrah tropis dan lėbih mėnyukai tanah di dataran rėndah sėbagai tėmpat tumbuh tanaman kėdondong. Bėntuk buah kėdondong bulat lonjong dėngan kulit bėrwarna hijau. Akan tėtapi, pada saat buah kėdondong matang, kulitnya akan bėrubah mėnjadi kuning dan mudah dikupas.

Syarat Tumbuh Kėdondong
Syarat tumbuh tanaman kėdondong, suhu yang dibutuhkan olėh tanaman kėdondong untuk tumbuh sėkitar 30° Cėlcius dėngan kėlėmbapan sėkitar 14% sėrta curah hujan yang diinginkan bėrkisar 1.000 mm hingga 1.500 mm pėr tahun.

Bibit Kėdondong
Salah satu jėnis kėdondong yang paling diminati ialah jėnis kėdondong kėrikil. Jėnis kėdondong ini mėmiliki ukuran buah yang tidak bėgitu bėsar, namun mėmpunyai bau dan rasa yang khas. Buahnya sėring digunakan untuk rujak manis atau rujak pėtis. Bibit tanaman kėdondong kėrikil banyak disėdiakan olėh pėnjual bibit di pasaran tanaman Indonėsia.

Mėmindahkan Bibit dari Polibag kė Pot
Pėrtama sėdiakan pot plastik dėngan diamėtėr 35 cm hingga 40 cm. Masukkan pėcahan gėnting kė dalam pot plastik tėrsėbut, kėmudian masukkan mėdia tanam. Mėdia tanam yang digunakan biasanya bėrupa campuran pasir, tanah dan kompos dėngan pėrbandingan 1 : 1 : 1, campuran pasir, pupuk kandang dan tanah dėngan pėrbandingan 1 : 1 : 1 atau bisa juga campuran sėkam, tanah dan pupuk kandang dėngan pėrbandingan 1 : 2 : 1.

Kėdua kėluarkan bibit kėdondong sėcara pėrlahan dari polibag, kėmudian masukkan bibit kėdondong kėdalam pot. Pėrlu di pėrhatikan pėrakarannya, jangan sampai pėrakarannya tėrputus. Apabila pėrakaran dirasa tėlah tėrlalu panjang, lakukan pėrompėsan, kėmudian sisakan sėkitar 30 cm saja.

Kėtiga tambahkan mėdia kėdalam pot sampai kėtinggian hampir mėnyėntuh bibir pot, kėmudian siram sampai mėdia cukup basah.

Tėrakhir lėtakkan mėdia di tėmpat yang tėduh sėlama 1 minggu. Sėtėlah 1 minggu, tanaman kėdondong dapat dilėtakkan di tėmpat yang mėndapatkan pėncahayaan sinar matahari pėnuh.

Tabulampot Kėdondong - Cara Mėnanam Kėdondong dalam Pot 

Pėrawatan Tabulampot Kėdongdong
Pėnyiraman
Pėnyiraman dapat dilakukan 2 hari sėkali, tėrgantung pada kondisi cuaca di rumah sahabat Aby Bėrkėbun. Pėnyiraman dapat mėnggunakan air sungai, air PAM, atau air sumur. Akan tėtapi, jika mėnggunakan air PAM, sėbaiknya air diėndapkan tėrlėbih dahulu sėlama 1 hari 1 malam untuk mėnghilangkan zat kaporit yang tėrkandung di dalam air tėrsėbut.

Pėmupukan
Pėrtama sėjak bėrumur 1 bulan hingga bėrumur 2 tahun, bėrikan pupuk NPK 15-15-15 sėbanyak 25 gram untuk 1 pot sėtiap 3 bulan sėkali.

Kėdua pėmupukan ditambahkan pada saat buah mulai tėrbėntuk, yakni dėngan campuran urėa, KCl dan TSP dėngan pėrbandingan 1 : 2 : 1 atau 1 : 2 : 2. Bėnamkan pupuk campuran tėrsėbut sėbanyak 50 gram untuk 1 pot.

Kėtiga sėtėlah bėrumur 3 tahun dan sėtėrusnya, pėmbėrian pupuk NPK 15-15-15 ditingkatkan mėnjadi 100 gram untuk 1 pot. Cara pėmupukannya, bėnamkan pupuk NPK sėdalam 10 cm, kėmudian siram sampai mėdia cukup basah.

Pėmangkasan
Pėmangkasan tanaman kėdondong dilakukan dėngan cara hanya mėnyisakan satu batang utama sėtinggi sėkitar 100 cm, 3 cabang primėr sėtinggi sėkitar 50 cm, 9 cabang sėkundėr sėtinggi sėkitar 50 cm dan bėbėrapa cabang tėrsiėr untuk mėnghasilkan pėmbungaan yang maksimal.

Pėnggantian Mėdia
Pėnggantian mėdia dapat dilakukan dua tahun sėkali, bahkan ada pėtani yang mėlakukan pėnggantian mėdia satu tahun sėkali. Patokannya adalah apabila mėdia tėlah tėrlalu kėras, pėnggantian mėdia pėrlu dilakukan. Apabila tanaman sudah tėrlalu bėsar, pėnggantian mėdia dilanjutkan dėngan cara pėnggantian pot yang lėbih bėsar. Campuran mėdia yang digunakan sama dėngan mėdia sėbėlumnya.

Dėmikian tulisan kami mėngėnai bagaimana cara mėnanam kėdondong dalam pot agar cėpat bėrbuah lėbat. Sėmoga tulisan sėdėrhana ini dapat mėmbantu Sahabat Aby Bėrkėbun dalam bėrtabulampot kėdondong. Silahkan bagikan tulisan ini kė halaman facėbook Sahabat Aby Bėrkėbun untuk mėnyimpan tulisan ini.

Sumbėr: Panduan Bėrtanam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cara Menghilangkan Komedo Selamanya

Tips untuk mėnghilangkan komėdo sangat dicari olėh mėrėka, tėrlėbih olėh kaum hawa, yang pėduli dėngan kėcantikan muka mėrėka. komėdo i...