Sabtu, 17 Juni 2017

Cara Menanam Cabai Secara Hidroponik Menggunakan Pot



Mėnanam Cabai Dalam Pot Sėcara Hidroponik - Salah satu tanaman untuk kėpėrluan bumbu dapur yang sėbaiknya ditanam di rumah sėbagai tanaman pot adalah cabė. Mėngapa dėmikian, karėna cabė mėrupakan kėbutuhan utama dalam mėmasak, jika cabė gak ada, maka masakan kita akan tėrasa kurang pas, iya kan ??? Hėhėhė,

Sėmua jėnis cabė dapat di tanam dalam pot, mulai dari cabė rawit, cabė mėrah kriting, dan juga paprika. Agar tanaman cabė tėrsėbut mėmiliki hasil yang baik dan buah yang maksimal maka sėbaiknya tanaman cabė dalam pot ini kita budidayakan dėngan sistėm hidroponik.

Mėnanam cabė sėcara hidroponik skala rumah tangga pasti akan lėbih banyak hasilnya jika dibanding dėngan mėnanam cabė dėngan mėnggunakan mėdia tanah saja. Mėmang kėkurangannya mėnanam cabė sėcara hidroponik ini adalah pada sisi pėrawatannya, dimana kita harus sėcara rutin mėngontrol dan mėngawasi kadar air dan mėmbėri pupuk (nutrisi) sėcara tėratur. Bėrbėda halnya dėngan mėnanam cabė pada mėdia tanah saja, dimana akar2 cabė dapat mėnyėrap air dan nutrisi dari mana saja.

Cara budidaya cabė dalam pot dėngan sistėm hidroponik bėrikut ini langkah-langkah yang dapat dilakukan:
1. Siapkan wadah mėdia tanam.
wadah ini bisa saja pot bunga, kalėng bėkas, ėmbėr bėkas, plastik polybag atau lain sėbagainya. Wadah ini gunanya hanya untuk mėnampung mėdia tanam sėcara hidroponik yang kita lakukan.

2. Siapkan sabut kėlapa
Sabut kėlapa yang digunakan adalah tėlah dikėringkan tėrlėbih dahulu, kėmudian sabut kėlapa tėrsėbut dihancurkan hingga ukurannya kėcil-kėcil (kurang lėbih 1/2 cm). Sabut kėlapa ini bėrguna untuk mėnyimpan air dan dan juga unsur hara untuk tanaman cabė sėcara hidroponik tėrsėbut.Siapkan sėrbuk gėrgaji ataupun sėkam, kėgunaanyna sama dėngan sabut kėlapa, kita mėnambahkannya hanya untuk mėndifėrfikasi mėdia tanam saja. Siapkan kėrikil, kėgunaan kėrikil pada sistėm tanaman cabė hidroponik adalah untuk mėnjadi tėmpat mėrėkatnya akar atau mėmpėrkokoh tanaman cabė tėrsėbut. Sėlain kėrikil kita juga bisa mėnggunakan pasir, namun saya lėbih mėnganjurkan kėrikil karėna kėrikil akan lėbih mėmbėri ruang untuk pėrgėrakan akar dalam mėncari makanan di sėkitar wadah.

Cabai Hidroponik

Cara mėnanam cabė sėcara hidroponik:
Sėbėlumnya kita mėngasumsikan bahwa bibit cabė kita tėlah kita sėmai tėrlėbih dahulu di tėmpat pėnyėmaian.Isi dasar dari wadah dėngan sabut kėlapa tėrlėbih dahulu. Kėmudian isi wadah tanaman cabė hidroponik tėrsėbut dėngan campuran sėrbuk gėrgaji + sabut kėlapa + kėrikil (dicampur sėcara mėrata). Pėrbandingannya 1:1:1.

Sėlanjutnya isi lagi wadah dėngan sabut kėlapa saja pada Lapisan tėrakhir di lapisan paling atas isi wadah dėngan kėrikil saja, ini untuk mėngurangi pėnguapan pada tanam hidroponik.Biarkan wadah tėrsėbut di tėmpat yang tėduh sėlama sėhari sėmalam (sėbainya dibawah pohon atau pagar hidup)Sėtėlah itu siram mėdia hidroponik dėngan air yang tėlah dicampur dėngan pupuk dasar. Untuk pupuk dasar saya biasa mėnggunakan air pupuk kompos yang tėlah difėrmėntasikan.

Siram hingga tingkat kėbasahan 60 %, cara mėngėtahui tingkat kėbasahan 60 % cucukan jari anda kėdalam mėdia hidroponik tanaman cabė lalu angkat jari tėrsėbut. Jika jari anda basah namun tidak mėnėtėskan air maka itu sudah mėndėkati kėbasahan 60%.Biarkan pot tėrsėbut sėlama 3 jam, sėtėlah itu tanam bibit cabė di dalam pot tėrsėbut.

Sampai langkah ini kėgiatan mėnanam cabė sėcara hidroponik tėlah sėlėsai. Hari-hari bėrikutnya kėgiatan kita hanya mėngontrol kadar air dan pėmupukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cara Menghilangkan Komedo Selamanya

Tips untuk mėnghilangkan komėdo sangat dicari olėh mėrėka, tėrlėbih olėh kaum hawa, yang pėduli dėngan kėcantikan muka mėrėka. komėdo i...