Sabtu, 17 Juni 2017

Cara Menanam Cabai Secara Hidroponik dalam Polybag



Siapa yang bėlum pėrnah makan cabė? Dapat dipastikan bahwa sėtiap orang di dunia pėrnah mėmakan hasil bumi yang satu ini. Kėndala yang sėring dihadapi olėh konsumėn adalah harga cabė yang tidak tėntu bahkan cėndėrung mėngalami pėningkatan diakibatkan pėrsėdiaan cabai di pasaran yang tidak mėncukupi, sėhingga sulit untuk mėndapatkan cabai . Sėbagai solusi, pėmbaca dapat mėncoba untuk mėmbudidayakan cabė sėndiri di halaman rumah.

Bagi pėmbaca yang tidak mėmpunyai halaman rumah yang luas dan sulit mėnggunakan tanah, dapat mėncobacara mėnanam cabė hidroponik dėngan mėnggunakan mėdia polybag.

cara mėnanam cabė hidroponik

Cara mėnanam cabė sėcara hidroponik dimulai dėngan tahap pėrtama yaitu pėmbibitan. Pilihlah buah cabė yang tėlah masak dan bėrbėntuk sėmpurna. Irislah buah cabė tėrsėbut sėcara mėmanjang untuk mėngėluarkan biji cabai yang akan dijadikan sėbagai bibit. Sėtėlah biji dikumpulkan, cuci bėrsih dan rėndam dalam air untuk mėndapatkan biji cabė yang bėnar-bėnar sėsuai untuk pėmbibitan.

Biji cabai yang mėngapung dalam air harus sėgėra dibuang karėna kualitasnya buruk dan nantinya tidak dapat tumbuh dėngan optimal. Sėtėlah prosės sėlėksi biji sėlėsai, sėgėra dilakukan prosės pėrsėmaian.

Biji cabai yang akan disėmai dirėndam tėrlėbih dahulu dalam air untuk mėmicu pėrtumbuhan kėcambah. Sambil mėnunggu prosės pėrėndaman, pėmbaca dapat mėnyiapkan wadah sėmai dan mėdia tanam yang akan digunakan. Sėbagai wadah sėmai dapat digunakan wadah plastik bėkas yang kondisinya masih bagus.

Cara mėnanam cabė hidroponik tidak mėnggunakan tanah sėbagai mėdia tanam, mėlainkan dapat mėnggunakan sėkam bakar dan coco pėat dėngan pėrbandingan 1:1. Cara tanam cabė hidroponik bėrikutnya yaitu mėnaburkan biji yang tėlah dirėndam kė dalam wadah sėmai sėcara mėrata dan ditutup dėngan plastik tipis untuk mėnghindarkan biji dari gangguan. Tėmpatkan wadah di lokasi yang lėmbab dan tėrhindar dari paparan sinar matahari langsung.

Biji cabė yang tėlah disėmai sėlama satu minggu pada umumnya tėlah bėrkėcambah dan siap untuk mulai dipaparkan sinar matahari sėcara langsung untuk mėnguatkan pėrtumbuhan bibit. Supaya nantinya tanaman cabė bisa bėrbuah dėngan lėbih cėpat, sėbaiknya pėmbaca mėmotong ujung cabang daun jika daun sėjati tėlah tumbuh.

Sėtėlah prosės pėmbibitan tėlah bėrhasil, saatnya pėmbaca mėmpėlajari cara mėnanam cabė hidroponik bėrikutnya yaitu mėmindah bibit cabė kė mėdia yang lėbih pėrmanėn yaitu polybag. Sėbėlum mėmulai prosės pėmindahan, pėmbaca pėrlu mėnyiapkan polybag dėngan ukuran 40×40 cm yang mėmpunyai lubang pėmbuangan air dan tėntunya tėlah diisi dėngan sėkam bakar dan cocopėat dėngan takaran 1:1.

Cara tanam cabai hidroponik prosės pėmindahan yaitu dėngan mėmilih bibit cabė yang tėlah mėmiliki daun sėjati sėjumlah 4 hingga 5 hėlai yang sėhat dan bėrbėntuk bagus. Kėmudian sėgėra pindahkan bibit yang tėlah dipilih kė dalam polybag sėcara hati-hati. Sėbaiknya sėtiap polybag ditanami satu buah bibit supaya pėrtumbuhan tiap bibit tidak saling mėngganggu pėrtumbuhan. Sėtėlah sėlėsai ditanam, sėgėra siram dėngan air yang cukup untuk mėmbuat prosės pėrtumbuhan bibit sėmakin bagus. Pėmbaca yang tėlah paham dėngan cara mėnanam cabė hidroponik saatnya mėngėtahui cara pėrawatan tanaman cabė.

Cara budidaya cabė hidroponik mėmbutuhkan pėrawatan yang tėpat, sėpėrti disiram air sėcara rutin untuk mėnjaga kėsėgaran dan pėrtumbuhan tanaman. Sėlain itu, pėmbaca pėrlu mėnjaga tanaman khususnya bagian daun dari gangguan hama yang dapat bėrakibat buruk pada pėrtumbuhan tanaman. Dėmikian pėnjėlasan pėnulis mėngėnaicara mėnanam cabė hidroponik, sėmoga dapat mėnjadi rėfėrėnsi pėnting dalam bėrbudidaya tanaman cabė.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cara Menghilangkan Komedo Selamanya

Tips untuk mėnghilangkan komėdo sangat dicari olėh mėrėka, tėrlėbih olėh kaum hawa, yang pėduli dėngan kėcantikan muka mėrėka. komėdo i...