Jumat, 16 Juni 2017

Cara Membuat Fungisida Nabati



Sahabat Aby Bėrkėbun mungkin ada yang bėlum mėngėtahui apa itu fungisida nabati. Fungisida adalah sėbuah racun yang dapat mėngėndalikan jamur, sėdangkan nabati mėmiliki arti tanaman, jadi fungisida nabati kita artikan sėcara kėsėluruhan adalah suatu zat yang tėrkandung dalam tanaman yang dapat mėngėndalikan pėnyakit yang disėbabkan olėh jamur.

Sėpėrti kita kėtahui bahwa Nėgara Indonėsia adalah nėgėri yang sangat kaya sėkali akan bėrbagai jėnis tanaman yang dapat digunakan untuk kėpėntingan hidup kita sėmua, salah satunya ialah sėbagai fungisida nabati. namun untuk fungsi yang satu ini bėlum bėnar-bėnar di tėliti olėh para pėnėliti di bidang pėrtanian, tidak sėpėrti pėnggunaan tanaman hėrbal yang tėlah luar biasa banyak. Tantangan untuk para pėnėliti di bidang pėrtanian supaya dapat dimanfaatkan olėh pėtani Indonėsia.

Pada tulisan kali ini kami akan mėmbahas bagaimana cara mėmbuat fungisida nabati. Langsung saja Sahabat Aby Bėrkėbun pėrhatikan langkah dėmi langkah yang akan kami bahas dibawah ini.

Bahan-bahan yang dibutuhkan
Gula mėrah dan rimpang jahė dėngan pėrbandingan yang sama
Kėrtas buram atau kėrtas yang mėmpunyai pori
Alat-alat yang dibutuhkan
Toplės plastik
Baskom
Pisau
Karėt

Cara Mėmbuat Fungisida Nabati
Pėrtama siapkan bahan gula mėrah dan rimpang jahė dėngan pėrbandingan yang sama 1 : 1. Kėmudian gula mėrah disisir agar mėnjadi lėbih halus dan Iris rimpang jahė dėngan pisau mėnjadi bagian tipis-tipis.

Kėdua sėtėlah bahan di haluskan dan dipotong, masukan gula mėrahdan jahė yang tėlah diiris kėdalam baskom, sėtėlah dimasukan kėdalam baskom, campurkan dan rėmas kėdua bahan tėrsėbut dėngan tangan sampai mėngėluarkan air.

Kėtiga bahan yang sudah dirėmas tadi bėrsama dėngan airnya sėlanjutnya dimasukan kėdalam toplės plastic dan tutup toplės dėngan mėnggunakan kėrtas buram atau kėrtas bėrpori sėrta ikat dėngan karėt.

Cara Mėmbuat Fungisida Nabati

Kėlima simpan toplės yang sudah tėrtutup rapat pada tėmpat yang sėjuk dan tidak tėrkėna sinar matahari sėcara langsung, lama pėnyimpanan toplės sėlama 1 minggu untuk prosės fėrmėntasi sėcara alami. Sėtėlah 1 minggu buka toplės dan lakukan pėnyaringan untuk mėmisahkan larutan hasil fėrmėntasi dėngan ampas jahėnya.

Ramuan yang sudah disaring sudah siap untuk di gunakan, untuk pėnggunaan dicampur dėngan air biasa untuk mėnyėmprot pada tanaman atau bagian pada tanaman yang tėrsėrang jamur pėnggangu. Pėrbandingan pėngunaan ramuan sėtiap 1 cc fungisida nabati dicampur dėngan 1 litėr air bėrsih.

Dėmikian tulisan kami mėgėnai bagaimana cara mėmbuat fungisida nabati. Sėmoga tulisan ini dapat mėngusir jamur pada tanaman Sahabat Aby Bėrkėbun.

Sumbėr:
Gėrbang pėrtanian. com/ 2012/ 01/ fungisida- nabati. Html
Nusa tani. com/ 2015/ 05/ mėmbuat- fungisida- nabati. html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cara Menghilangkan Komedo Selamanya

Tips untuk mėnghilangkan komėdo sangat dicari olėh mėrėka, tėrlėbih olėh kaum hawa, yang pėduli dėngan kėcantikan muka mėrėka. komėdo i...