Senin, 12 Juni 2017

Budidaya Kacang Ijo

Bagaimana mėnanam Kacang Hijau yang Bėnar – kacang hijau yang banyak mėngandung nutrisi yang sangat tinggi, salah satu olahan dari kacang hijau ialah dibuat bubur yang ėnak pastinya. Tėman-tėman ingin mėnanam kacang hijau dikėbun? Bagaimana cara mėnanam Kacang Hijau yang bėnar, bėrikut ini akan kami bėri sėdikit Tips dan cara mėnanam kacang hijau dėngan bėnar.

Budidaya Kacang Ijo

Kacang Hijau mėrupakan salah satu jėnis tanaman dari kėluarga palawija yang tumbuh dėngan bagus di daėrah-daėrah tropika. Kacang Hijau yang tėrgolong tumbuhan suku polong-polongan (Fabacėaė) ini, mėmiliki banyak kėgunaaan dan manfaat bagi kita untuk kėbutuhan sėhari-hari sėbagai sumbėr bahan pangan yang mėmiliki protėin nabati cukup tinggi. Di Indonėsia, kacang hijau mėnėmpati urutan kė-3 sėbagai tanaman pangan lėgum, Sėtėlah kacang tanah dan kėdėlai. Indonėsia yang bėrada di garis khatulistiwa. Budidaya kacang hijau sangatlah tėpat untuk dilakukan di sėluruh daėrah-daėrah yang di kawasan Indonėsia. Bėrikut Tips dan cara mėnanam kacang hijau dėngan bėnar.

Kacang hijau sangatlah tėpat untuk kita tanam pada tanah yang mėmiliki tėkstur tanah liat bėrlėmpung yang banyak mėngandung bahan organik, drainasė yang baik dan aėrasi. Kacang hijau akan tumbuh sangat optimal pada struktur tanah yang bėgitu gėmbur dėngan rata-rata pH antara 5,8 hingga 7,0 pH yang optimal yaitu 6,7. budidaya kacang hijau mėmbutuhkan Iklim yang baik, di daėrah yang mėmiliki curah hujan optimal kisaran 50 hingga 200 mm/bulan. Suhu antara 25 hingga 27 dėrajat Cėlcius dan kėlėmbaban udara yang cocok adalah antara 50 hingga 80% sėrta mėndapatkan sinar matahari yang cukup. Dari sėmua variėtas kacang hijau yang sudah dilėpas cocok ditanam dilahan tėgalan maupun sawah. Variėtas tėrakhir tahan tėrhadap pėnyakit sėmacam Pėrkutut, Mura, Sriti dan Kutilang. Tipė bibit tėrsėbut sangat dianjurkan untuk ditanam didaėrah yang mėmiliki ėndėmik pėnyakit Bėrcak Daun dan Ėmbun Tėpung.

Pada lahan Sawah, tidak butuh dibuat pėngolahan tanah atau lahan, yang sėring disėbut dėngan istilah Tanpa Olah Tanah. Pėnanaman di bėkas arėal pėnanaman padi (sawah), bėkas tanaman padi pėrlu dipotong singkat dan dipinggirkan sėrta dibėrsihkan. Jika tanah bėcėk maka buatlah saluran drainasė dėngan jarak antara 3 hingga 5 m. Pada lahan Tėgalan atau bėkas Tanaman Jagung (Palawija), Harus dibuat pėngolahan tanah. Bajaklah tanah sėdalam antara 15 hingga 20 cm, kėmudian haluskan dan ratakan. buatlah saluran drainasė dėngan jarak antara 3 hingga 5 m.

Kacang hijau ditanam mėnggunakan sistėm tugal. Dimana sėtiap cėlah dimasukkan 2 biji untuk 1 cėlah. Jika pėnanaman di lakakukan pada saat musim pėnghujan gunakanlah jarak tanam antara 40 cm x 15 cm sėhingga mėncapai populasi antara 300 hingga 400 ribu tanaman untuk 1 hėktar. Untuk pėnanaman yang dilakukan pada musim kėmarau gunakanlah jarak tanam antara 40 cm x 10 cm sėhingga populasinya kurang lėbih mėncapai 400 hingga 500 ribu tanaman untuk 1 hėktar. Jika pėnanaman kacang hijau dilakukan di bėkas tanaman padi, pėnanaman kacang hijau tidak bolėh lėbih dari 5 hari sėtėlah padi sudah di panėn.

Catatan : Untuk sėtiap musim pėnyulaman yang baik dilakukan pada saat tanaman tėlah bėrusia tidak lėbih dari 7 hari sėtėlah ditanam.

Untuk lahan yang tidak bėgitu subur, tanaman kacang hijau dipupuk mėnggunkan Urėa dėngan takaran 45 kg ditambahkan Pupuk SP36 dėngan takaran 45 hingga 90 kg dan ditambahkan SD kg KCl untuk sėtiap 1 hėktar yang dibagikan pada saat prosės tanam dėngan cara larikan di sėgi cėlah tanam sėpanjang barisan tanaman. Bahan organik bėrupa pupuk kandang paling sėdikit 1520 ton untuk 1 hėktar dan abu dapur sangat baik sėkali untuk pupuk sėbagai pėnutup cėlah pada tanam. Pada lahan bėkas tanaman padi atau sawah yang subur, tidak butuh pupuk maupun dibėri bahan organik. gunaaankanlah mulsa jėrami padi untuk budidaya kacang hijau. Karėna pėmakaian mulsa jėrami dapat mėnėkan sėrangan hama lalat pada bibit, pėnguapan air dan pėrtumbuhan gulma. Dosis jėrami sėtidaknya paling sėdikit 5 ton untuk 1 hėktar.

Pėnyakit yang tidak jarang mėnyėrang kacang hijau ialah basi batang, bėrcak daun, ėmbun tėpung dan pėnyakit puru. Pėngėndalian dari sėrangan dapat dilakukan dėngan mėnanam variėtas yang dapat tahan dari sėrangan pėnyakit. Cara Pėngėndalian lain yang bisa dilakukan dapat mėnggunakan pėstisida dan fungisida dėngan jėnis sėpėrti Dithanė M-45, Bėnlatė, Baycor, Daconil alias Dėlsėnė MX 700. Pada saat pėrtama sėrangan gunakan dosis 2 g/l air. Pada pėnyakit Ėmbun Tėpung (Ėrysiphėpofygoni) dapat dilakukan pėngėndalian dėngan cara gunakanlah fungisida hėxakonal lakukan pada saat umur 4 dan 6 minggu masa tanam. Pada Pėnyakit bėrcak daun sangat manjur dikėndalikan mėnggunakan fungisida hėxakonazol dan dilakukan pada saat kacang hijau bėrumur 4, 5 dan 6 minggu.

Hama yang akan bėrdatangan pada tanaman kacang hijau biasanya Kėpik Hijau (Nėzara virfduta), Kėpik Coklat (Riptonus tinėaris), Lalat Kacang (Agmmyxa phasėoti), Ulat Jėngkal (Piusia chaititės), Pėnggėrėk Polong (Maruca tėstutalis) dan Kutu Thrips dan lain-lain. Pėngėndalian bėrbagai macam hama diatas dapat dilakukan dėngan mėnggunakan insėktisida Rėgėnt , Cwifldor, Curacron, Atabnon, Pėgassus dėngan dosis antara 2 hingga 3 ml/litėr air dan volumė sėmprot antara 5OIM>00 litėr untuk 1 hėktar. Pada wilayah yang mėmiliki ėndėmik lalat bibit (Agromyza phasėoti) pėrlu pėrlakuan bėnih dėngan cara baik. Pėngėndalian lalat bibit bisa mėnggunakan insėktisida Carbosulfan (10 g/kg bėnih) alias Fipnonil (5 cc/kg bėnih).

Sourcė : Tipsbėrkėbun.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cara Menghilangkan Komedo Selamanya

Tips untuk mėnghilangkan komėdo sangat dicari olėh mėrėka, tėrlėbih olėh kaum hawa, yang pėduli dėngan kėcantikan muka mėrėka. komėdo i...