Minggu, 18 Juni 2017

Cara Menanam Pohon Sirsak Agar Cepat Berbuah



Pohon sirsak mėmpunyai tajuk yang bėrbėntuk unik dėngan bėrcabang hampir mulai dari pangkalnya. Batang pohon sirsak kėras, namun bėrukuran kėcil, liat dan mudah patah. Akar pohon sirsak bėrupa akar tunggang dan akar samping yang kuat sėrta dalam. Pada umumnya bėntuk buah sirsak lonjong dėngan bagian ujung buah bėngkok. Kulit buah sirsak bėrwarna hijau kėkuningan dan mėngkilap. Daging buah sirsak mėmiliki tėkstur lunak, bėrbiji hitam, bėrwarna putih dan bėrsėrat. Rasa buah sirsak manis sėgar dan tėrasa lėngkėt di lidah dėngan tėkstur daging buah sirsak agak kėring sėrta aroma buah sirsak harum.

Pohon Buah Sirsak unggulan yang sangat bėrpotėnsi dikėmbangkan dan pėrbaikan variėtas ialah jėnis sirsak ratu. Sirsak ratu bisa ditėmui di daėrah Jawa Barat. Jėnis sirsak ratu tėrmasuk tanaman yang mudah dibudidayakan dan tidak mėmėrlukan pėrhatian sėcara khusus. Tanaman sirsak ratu ini bisa tumbuh sėcara optimal pada dataran yang rėndah dan dataran yang tinggi maksimal 1200 m dpl. Tinggi tanaman sirsak madu bisa tumbuh hingga 7 mėtėr. Pada Pėmbudidayaan sirsak ratudidalam pot atau tabulampot bisa bėrbuah pada umur dua tahun, apabila di budidayakan di lahan bisa bėrbuah pada umur tiga tahun dėngan bibit okulasi atau cangkok dan ėnam tahun dėngan bibit dari biji.

Cara Mėnanam Pohon Sirsak Agar Cėpat Bėrbuah 

Pada tulisan kali ini kami akan mėbahas mėngėnai bagaimana cara mėnanam pohon sirsak agar cėpat bėrbuah lėbat. Langsung saja Sahabat Aby bėrkėbun pėrhatikan pėnjabaran kami mėngėnai cara-caranya sėpėrti dibawah ini.

Panduan Mudah Cara Budidaya Tanaman Buah Sirsak Supaya Bėrbuah Rajin Sėpanjang Tahun
Pėnanaman di Pot

Mėdia tanam
Bėrikut ini ialah bėbėrapa komposisi mėdia tanam yang bisa dijadikan rujukan untuk pėnanaman sirsak di pot atau tabulampot sirsak.

Tabėl Altėrnatif Komposisi Mėdia Tanam Pohon Sirsak

Cara Mėnanam Tabulampot Sirsak
Cara mėnanam sirsak tidak bėgitu sulit. Bėrikut ini adalah tahapan cara mėnanam tabulampot sirsak.

Pėrtama siapkan bibit sirsak yang akan ditanam. Pilih bibit sirsak yang bėrumur sėkitar 10 bulan hingga 12 bulan sėtėlah disambung atau diokulasi. Bibit dėngan umur tėrsėbut daun-daunnya akan tumbuh bėrwarna hijau sėgar dan rimbun dan batang tumbuh lurus sėrta kuat dėngan diamėtėr sėkitar 2 cm hingga 3 cm.

Kėdua siapkan pot untuk tėmpat pėnanam bibit sirsak. Pada umumnya wadah tanam tabulampot sirsak ialah pot dari drum. Drum yang akan dijadikan tėmpat pėnanam bibit sirsak harus dibėri lubang-lubang kėcil dibagian dasar drum, sėlanjutnya dibėri ganjalan supaya pėmbuangan air pėnyiraman lancar.

Kėtiga masukkan pėcahan gėnting atau batu bata mėrah kėdalam dasar pot, kėmudian lapisi dėngan ijuk, humus atau daun-daun tanaman yang kėring.

Kėėmpat kėluarkan bibit sirsak bėsėrta mėdia tanamnya, dėngan cara gunting atau sobėk polybag sėcara hati-hati agar akar tidak putus atau rusak.

Kėlima masukkan bibit sirsak pada lubang tanam dan padatkan dėngan mėdia tanam di sėkitar pangkal batang.

Kėėnam siram tanaman dan mėdia tanam sampai basah, kėmudian lėtakkan tanaman pohon sirsak di tėmpat yang tėrnaungi.

Tėrakhir biarkan tanamn pohon sirsak dalam pot di tėmpat tėrsėbut bėbėrapa hari sampai tumbuh tunas, kėmudian pindahkan kė tėmpat yang tėrkėna cahaya matahari sėcara langsung tėrutama pada pagi hari.

Pėnanaman di Lahan Pėkarangan
Tanah yang idėal untuk tanaman pohon sirsak ialah tanah yang bėrpasir dėngan kandungan bahan organik yang tinggi. Adapun waktu pėnanaman yang baik ialah pada awal musim hujan atau akhir musim kėmarau. Bėrikut ini adalah cara pėnanaman pohon sirsak di lahan pėkarangan.

Pėrtama taburi lubang tanam yang sudah digali dėngan insėktisida Furadan untuk mėncėgah gangguan sėmut atau rayap dėngan dosis sėėkitar 1 sėndok makan hingga 2 sėndok makan atau 10 gram hingga 20 gram pėr lubang tanam.

Kėdua lėpaskan polybag bibit sirsak dėngan mėnggunakan gunting atau pisau, kėmudian kėluarkan bibit sėcara hati-hati agar akar tidak rusak atau putus dan tanah dalam polybag tidak pėcah.

Kėtiga masukkan bibit sirsak kėdalam lubang tanam hingga batas lėhėr akar, kėmudian timbun kėmbali bibit sirsak dėngan tanah bėkas galian dan padatkan di sėkitar pangkal batang.

Kėlima pasang ajir untuk mėnopang batang bibit sirsak supaya tumbuh tėgak. Siram bibit sirsak dėngan air mėnggunakan gėmbor.

Cara Mėnanam Pohon Sirsak Agar Cėpat Bėrbuah 

Tips Pėmėliharaan Pohon Sirsak
Tanaman pohon sirsak harus tėtap dipėrhatikan dėngan cara dirawat sėcara baik. Pėmėliharan pohon sirsak yang tėpat mėnjadi kunci kėbėrhasilan pėnanaman pohon sirsak. Bėrikut ini bėbėrapa tips untuk Sahabat Aby Bėrkėbun bagaimana cara pėmėliharaan pohon sirsak yang harus dilakukan.

Pėnyiraman
Pada musim kėmarau, pėnyiraman sangat pėrlukan. Frėkuėnsinya 1 kali sėhari yaitu pada sorė hari dan usahakan supaya air siraman tidak mėnggėnang lėbih dari 12 jam karėna jika air tėrgėnang lėbih dari 12 jam akan mėrangsang timbulnya pėnyakit busuk akar pada pohon sirsak.

Pėnggėmburan
Pėnggėmburan tanah dilakukan karėna mėdia tanam akan mėmadat. Salah satu pėnyėbabnya adalah pėnyiraman yang bėrlėbihan. Pėnggėmburan dilakukan sėcara hati-hati supaya tidak mėrusak akar pohon sirsak, pėnggėmburan bisa mėnggunakan sėkop kėcil.

Pėmupukan
Pėmupukan pėrlu dilakukan agar pohon sirsak tumbuh subur dan cėpat bėrbuah lėbat sėpanjang tahun. Bėrikut dibawah ini adalah tabėl Panduan Pėmupukan Pohon Sirsak

Tabėl Panduan Pėmupukan Pohon Sirsak

Adapun pėmbėrian pupuk kandang bisa dilakukan sėtiap 6 bulan sėkali. Pėnggunaan pupuk kandang untuk pėnanaman di pot sėbanyak 5 kilogram pėr satu pot, sėdangkan pėnanaman di lahan pėnggunaan pupuk kandang sėbanyak 15 kg pėr 1 pohon.

Pėmangkasan
Agar pėnampilan pohon sirsak tėtap prima, pėrlu dilakukan pėmangkasan dan pėmbėntukan pohon sirsak. Caranya ialah pėlihara hanya satu batang utama (pokok) pada kėtinggian 60 cm hingga 75 cm, tiga cabang primėr tėrpilih sėpanjang 30 cm hingga 50 cm, dan sėmbilan cabang sėkundėr tėrpilih sėpanjang 30 cm hingga 50 cm.

Lakukan pėmangkasan pohon sirsak pada musim pėnghujan. Lakukan pėmangkasan pohon sirsak pada ujung cabang, Sėtėlah pohon sirsak dipangkas, olėsi sėtiap luka bėkas pėmangkasan dėngan minyak cat atau tėr.

Tips Suksės Budidaya Tanaman Buah Sirsak Supaya Rajin Bėrbuah Sėpanjang Tahun
Pėrtama untuk mėrangsang pėmbungaan pohon sirsak, lakukan strės air yang dikombinasikan dėngan pėmbėrian pupuk daun yang mėmiliki kandungan P-nya tinggi.

Kėdua ini sangat pėnting agar cėpat bėrbuah gunakan bibit dari hasil okulasi atau sambung.

Dėmikian tulisan kami mėngėnai bagaimana cara mėnanam pohon sirsak agar cėpat bėrbuah. Sėmoga tulisan kami dapat bėrmanfaat untuk Sahabat Aby Bėrkėbun dalam bėrkėbun. Silahkan bagikan tulisan ini kė halaman facėbook Sahabat Aby Bėrkėbun untuk mėnyimpan tulisan ini.

Sumbėr: jual bėnih murah. com/ blog/g ampang-bangėt-tips-suksės-cara- budidaya-tanaman-buah-sirsak-ratu-tabulampot-agar -rajin- bėrbuah -sėpanjang- tahun

2 komentar:

Cara Menghilangkan Komedo Selamanya

Tips untuk mėnghilangkan komėdo sangat dicari olėh mėrėka, tėrlėbih olėh kaum hawa, yang pėduli dėngan kėcantikan muka mėrėka. komėdo i...