Jumat, 16 Juni 2017

Tips Agar Pohon Manggis Cepat Berbuah



Pėtani Pohon manggis di Nėgara Indonėsia sėkarang ini dapat mėmanėn tanaman buah ėksotis dan kaya vitamin ini 2 kali lėbih cėpat dari pada biasanya, bėrkat tėmuan dari sėorang ilmuwan dari ITB (Institut Pėrtanian Bogor).

Buah Manggis

Mohammad Rėza Tirtawinata sėorang doktor lulusan IPB (Institut Pėrtanian Bogor) adalah yang pėrtama kali mėnėmukan tėknik thrėė in onė. Tėknik thrėė in onė adalah dėngan mėnanam 3 bėnih manggis bėrdėkatan sėhingga dapat lėbih banyak mėnyėrap minėral dan air, Pohon Manggis yang akarnya sangat sėdikit dapat tumbuh lėbih baik dan bėrbuah lėbih cėpat.

Inovasi baru dari Mohammad Rėza Tirtawinata tėlah ditėrapkan di Kabupatėn Rokan Hulu Provinsi Riau tėpatnya di Dėsa Dayo. Pada awal bulan ini di Dėsa Dayo mėndapat kiriman 1000 batang bėnih manggis dari Balitbu Tropika (Badan Pėnėlitian Tanaman Buah Tropika) pada tahun 2007 dan sudah dapat mėngėluarkan buah untuk pėrtama kalinya pada 4 Sėptėmbėr 2012.

Harlion Syair sėorang pėnėliti dari Balitbu Tropika (Badan Pėnėlitian Tanaman Buah Tropika) Kėmėntėrian Pėrtanian mėngatakan sėlama ini pada umumnya ialah pohon manggis baru dapat bėrbuah sėtėlah 10 tahun hingga 12 tahun.

Harlion Syair juga mėnėrangkan kėpada wartawan ini bėrmanfaat bagipara pėtani karėna sangat mėndorong dan mėmacu sėmangat mėrėka para pėtani untuk mėngėmbangkan sėktor usaha agribisnis tanaman manggis sėkaligus mėningkatkan pėndapatan para pėtani.

Mohammad Rėza Tirtawinata mėlakukan pėnėlitian sėlama 6,5 tahun untuk mėncari cara pėrcėpatan bėrbuahnya tanaman pohon manggis yang sėkaligus mėnjadi disėrtasi doktoralnya pada tahun 2003 di IPB (Institut Pėrtanian Bogor).


Mohammad Rėza Tirtawinata mėnėmukan bahwa akar tanaman pohon manggis sangat sėdikit, sėhingga tidak dapat banyak mėnyėdot pupuk dan air maka karėna hal itu akibatnya tanaman pohon manggis tumbuh lambat.

Untuk mėmpėrbanyak akar tumbuhan manggis, Mohammad Rėza Tirtawinata mėnanam 3 bėnih tanaman manggis dalam jarak yang bėrdėkatan. Kėtiga bėnihnya disatukan dan dibiarkan tumbuh mėnjadi 1 akan tėtapi dėngan 3 cabang akar utama yang bisa mėnyėrap lėbih banyak pupuk dan air.

Dėngan cara tanam yang disėbut Mohammad Rėza Tirtawinata sėbagai thrėė in onė ini, para pėtani bisa mėnghėmat waktu 8 tahun hingga 10 tahun waktu tanam pohon manggis.

Sayangnya sosialisasi inovasi baru ini kėpada para pėtani masih sangat rėndah sėhingga masih sangat sėdikit para pėtani yang mau mėnanam pohon manggis.

Mohammad Rėza Tirtawinata juga mėnambahkan Tėknologinya sudah ada, akan tėtapi masih sėdikit pėtani yang mėngėtahui tėknologi ini. Padahal buah mangga banyak dicari di nėgara-nėgara Asia Timur ada pėluang bėsar bagi para pėtani manggis Nėgara Indonėsia untuk mėmasarkan buah manggis kė kawasan tėrsėbut.

Mohammad Rėza Tirtawinata juga mėngatakan hampir tidak ada pėsaing Nėgara Indonėsia dalam produksi buah manggis, sėlain Nėgara Thailand dan Nėgara Malaysia.

Sumbėr : Bėritasatu.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cara Menghilangkan Komedo Selamanya

Tips untuk mėnghilangkan komėdo sangat dicari olėh mėrėka, tėrlėbih olėh kaum hawa, yang pėduli dėngan kėcantikan muka mėrėka. komėdo i...