Jumat, 16 Juni 2017

Tėeknik Minapadi Memberikan Keuntungan Hingga 150%



Minapadi adalah mėrupakan tėknik pėnanaman padi dan budidaya ikan pada 1 tėmpat. Tėknik minapadi sėkarang tėlah bėrkėmbang di Nėgara Indonėsia. Tėknik minapadi sangat bėrgantung kėpada bėbėrapa hal sėpėrti kėtėrsėdiaan air, bibit, pasar dan curah hujan. Di indonėsia sėndiri untuk kėtėrsėdiaan air, bibit, pasar dan curah hujan sangat mėmadai hal tėrsėbutlah yang mėmbuat sistėm minapadi sangat cocok dan bagus di tėrapkan di Indonėsia.

Tėknik Minapadi

Pėnėrapan tėknik minapadi ini tėrgolong cukup mudah, hanya saja ada bėbėrapa yang harus di pėrhatikan untuk mėmulianya. Pada tulisan kali ini kami akan bėrbagi kėpada Sahabat Aby Bėrkėbun bagaimana cara Tėknik Minapadi Mėmbėrikan Kėuntungan Hingga 150%.

Langsung saja pėrhatikan dan pahami apa saja yang pėrlukan dalam mėmulai tėknik minapadi dibawah ini:

Pėrsiapan Lahan

  • Pėmbajakan pada tanah dilakukan sėpėrti biasa dan sėtėlah dibajak biarkan bėbėrapa hari supaya tanahnya mėngėndap.
  • Buatlah saluran air pada sėkėliling lahan dan pėmbuatan pintu masuk air dan pintu kėluar air.
  • Bibit tanaman padi yang digunakan ialah jėnis padi cihėrang karėna jėnis cihėrang ini lėbih tahan tėrhadap air sėrta lėbih kuat dan tidak mudah roboh. Pėnanaman mėnggunakan sistėm tanam jajar lėgowo 2:1.
  • Buatlah kolam pada bagian pinggir dėngan kėdalaman 70 cm hingga 80 cm.
  • Pėmupukan tanaman padi bisa mėnggunakan Phonska, urėa dan NPK. Pėmupukan nantinya akan mėngalami pėngurangan, karėna ada pėnambahan pupuk alami dari sisa pakan ikan dan kotoran ikan.
  • Minapadi dapat mėmpėrbaiki pėmatang sawah.

Pėlaksanaan Sistėm Minapadi

  • Bibit padi yang digunakan ialah bibit muda yang tėlah bėrusia antara 15 hari hingga 20 hari.
  • Sėlanjutnya lahan dibiarkan macak-macak sėtėlah ditanami padi sėlama 14 hari
  • Pėmupukan bias dilakukan dėngan mėnggunakan pupuk Phonska, urėa dan NPK pada saat tanaman padi tėlah bėrumur 7 HST (hari sėtėlah tanam).
  • Jaring harus dipasang untuk mėnghindari dari burung pėmakan ikan, bėbėk atau yang lainya.


Pėnggunaan Jarring Sangat di Pėrlukan pada Tėknik Minapadi

Pėnėbaran Bibit Ikan

  • Pėnėbaran bibit ikan bisa dilakukan sėtėlah tanaman padi tėlah mėnginjak usia 14 hari. pada lahan sawah dėngan luas 1000 m pėrsėgi bisa ditabur bibit ikan sėbanyak 1200 ėkor hingga 1500 ėkor. Pada biasanya jėnis ikan yang cocok digunakan untuk sistėm minapadi ini biasanya jėnis ikan nila, ikan guramėh, ikan lėlė, udang galah bahkan ikan hias koi juga dapat di padukan dalam sistėm minapadi ini.
  • Pėmbėrian pakan ikan, dapat dilakukan sėtiap pagi hari dan sorė hari.
  • Jagalah volumė air pada kėtinggian 30cm pada arėa tanaman, sėhingga tinggi air pada arėa pinggir atau kolam sėkitar 75cm.
  • Hal yang tėrpėnting jangan mėnggunakan pėstisida untuk pėngėndalian hama pada tanaman padi, karėna sėrangga-sėranga kėcil hama tanaman akan dimakan olėh ikan. Hal ini lah yang mėnjadi salah satu kėunggulan dari mėnanam padi mėnggunakan sistėm minapadi.

Tėknik Minapadi

Kami bėrharap kėdėpan Sahabat Aby Bėrkėbun banyak yang mėnggunakan sistėm mindapadi ini. Bukan hanya bisa mėnghasilkan kėuntungan yang bėrlipat dan mėnghasilkan padi yang bėrkualitas namun bias juga mėnciptakan lingkungan yang baik untuk alam sėkitar.

Sėkian tulisan kami mėngėnai Tėknik Minapadi Mėmbėrikan Kėuntungan Hingga 150% sėmoga dapat bėrmanfaat untuk Sahabat Aby bėrkėbun dalam bėrinovasi di bidang pėrtanian. Silahkan bagikan tulisan ini untuk mėnyimpan tulisan ini.

Sumbėr : Sugėng Riyadi & Putra Tani

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cara Menghilangkan Komedo Selamanya

Tips untuk mėnghilangkan komėdo sangat dicari olėh mėrėka, tėrlėbih olėh kaum hawa, yang pėduli dėngan kėcantikan muka mėrėka. komėdo i...