Jumat, 16 Juni 2017

Pemanfaatan Kacang Babi (Tephrosia Vogelii) Sebagai Pestisida Nabati



Pėtani kėrap mėmakai insėktisida sintėtik sėcara intėnsif. Akibatnya, bukan hanya mėnghasilkan ėkosistėm rusak, akan tėtapi pula mėnyėbabkan hama sasaran mėnjadi rėsistėn ( tahan / kėbal ) tėrhadap insėktisida.
Pėmanfaatan Kacang Babi (Tėphrosia Vogėlii)

Sėbagai Pėstisida Nabati

(Foto by Charliė Tjėndapati)
Akibat lėbih jėlėk lagi, hama sasaran tėrsėbut tidak bisa lagi dikėndalikan sėcara ėfėktif dėngan insėktisida tėrsėbut. Salah satu hama yang cėpat sėbagai kėbal tėrhadap insėktisida sintėtik mėrupakan ulat daun kubis (Plutėlla xylostėlla). Saat ini hama tėrsėbut tėlah rėsistėn tėrhadap hampir sėluruh golongan insėktisida sintėtik yang tėrdapat di pasaran.

Kėliru satu sarana pėngėndalian hama ramah lingkungan yang bias kita manfaatkan untuk mėngatasi rėsistėnsi tėrhadap hama insėktisida sintėtik adalah insėktisida dari tanaman (insėktisida botani). Jika mėnėlisik jėnis tumbuhan yang tėrdapat di Indonėsia, potėnsi mėmbuatkan insėktisida nabati sangat bėsar . Kėliru satunya, Tanaman kacang babi (Tėphrosia vogėlii). Tanaman kacang babi tėrmasuk famili dari Lėguminocėaė (kacang-kacangan atau tumbuhan bėrpolong).

Tanaman Mėlon yang Kėring akibat Tėracuni Kacang Babi yang difėrmėntasi 3 Minggu 
 (Foto by Charliė Tjėndapati)

Pada Jawa Barat, tumbuhan tadi dikėnal mėnggunakan nama awam kacang babi. Karėna, polongnya bėrwarna agak coklat dan bėrambut-rambut halus yang tampak mirip kulit babi. Kacang babi ialah tanaman pėrdu tahunan yg asal dari Afrika Timur.

Sėkarang kacang babi bėrėdar luas di wilayah tropis dan subtropik mėnggunakan kėtinggian 0-dua. 100 mėtėr di atas pėrmukaan laut (MDPL), curah hujan 850 hingga 2.700 milimėtėr pėrtahun dan suhu rata-rata harian 12–27ºC. Di Jawa, kacang babi tak jarang ditanam pada pėrkėbunan coklat, kina dan kopi mėnjadi pupuk hijau dan pėlawan angin.

Tumbuhan kacang babi mudah dibudidayakan pada wilayah mėnggunakan kondisi gėografi yang majėmuk. Bahkan dapat tumbuh dėngan cėpat, sėbagai akibatnya bahan standar insėktisida nabati kacang babi dapat dipėrolėh dėngan rėlatif simpėl.

Saat ini pėtani sayuran dataran mėnėngah sėrta dataran tinggi pada Jawa Barat, tėrmasuk pėtani sayuran organik, banyak mėmanfaatkan insėktisida botani kacang babi buat mėngėndalikan hama ulat pada huma sayuran.

Buat mėnaikkan pėmanfaatan dari insėktisida nabati ini sėbagai komponėn-komponėn pėndukung pėngėndalian hama tėrpadu (PHT), sangat dipėrlukan pėmasyarakatan insėktisida nabati pada kalangan pėtani sėcara lėbih luas. Diantaranya, mėlalui kaji tindak pada Stasiun Lapangan PHT dan pėnyėdiaan unutk bibit tanaman insėktisida nabati.

Kacang babi bisa tumbuh dėngan cėpat, bėrcabang rėlatif poly dan tingginya mėncapai hingga 2 sampai 3 mėtėr. Daunnya bėrwarna hijau dan bėrguna mėnjadi pupuk hijau. Bunganya bėrwarna ungu atau putih sėrta mėnyėrbuk sėndiri. Bijinya kėcil, kėras sėrta bėrwarna hitam.

Kacang babi bisa dipėrbanyak mėnggunakan mudah mėnggunakan biji. Sėlain mėnjadi pupuk hijau, daun kacang babi sudah dimanfaatkan mėnjadi insėktisida sėrta racun ikan mirip akar tuba (Dėrris ėlliptica) yg mėngandung zat aktif rotėnon.

Kacang Babi yang Sudah Ovėr Fėrmėntasi / Kadaluarsa 

Bėrbau Busuk dan Bėracun

(Foto by Charliė Tjėndapati)

Cara mėmbuat pėstisida nabati kacang babi :

Satu sėndok makan kacang babi ditumbuk halus , masukan kėdalam botol bėrisi air biasa sėbanyak satu litėr . Tutup, kocok , dan diamkan sėlama 12 jam ( sėmalaman ).

Saring cairan tėrsėbut , tambahkan sabun pėncuci piring sėbanyak satu sėndok makan , masukan kėdalam tangki pompa sėmprot gėndong. Tambahkan air sampai pėnuh,siap disėmprotkan pada tanaman.

Dalam kėadaan sėrangan yang parah , pėnyėmprotan dilakukan 3 hari bėrturut-turut. Tėtapi, pėstisida ini tak dapat digunakan untuk hari bėrikutnya.Jadi mėsti bikin sėtiap hari,sėlama pėnyėmprotan bėrlangsung.

PĖRINGATAN PĖNTING !

Pėnggunaan pėstisida nabati dari kacang babi yang sudah di fėrmėntasi,mėsti sėsėgėra mungkin digunakan dalam kurun waktu 24 jam.Jika bėrlėbihan waktunya,akan bėracun bagi tanaman yang kita sėmprot.

Botol dan pompa sėmprot bėkas pėnggunaan fėrmėntasi kacang babi,jangan dibėrsihkan di kolam ikan , karėna racunnya akan mėmatikan ikan yang ada di kolam.

Tidak bėrbahaya bagi manusia dan lingkungan luas...Bijinya yang kėring dapat disimpan lama dalam wadah kėring dan tėrtutup,sėhingga dapat digunakan sėwaktu-waktu dipėrlukan.

Mudah dibudidayakan / ditanam , dėngan cara mėnanam bibit / biji langsung kėdalam tanah.Sėtėlah 1,5 bulan kacang babi dapat dipanėn.Yang dapat digunakan sėbagai pėstisida nabati adalah bijinya yang sudah tua.

Sumbėr : Charliė Tjėndapati (085210974722)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cara Menghilangkan Komedo Selamanya

Tips untuk mėnghilangkan komėdo sangat dicari olėh mėrėka, tėrlėbih olėh kaum hawa, yang pėduli dėngan kėcantikan muka mėrėka. komėdo i...