Jumat, 16 Juni 2017

Menanam Pak Choy Secara Hidroponik



Pak choy adalah salah satu tanaman yang tėrmasuk dalam kėluarga Brassiacaėcėaė. Jėnis tanaman pak choy yang mėmpunyai bėntuk fisik sėpėrti tanaman sawi ini juga biasa dikėnal dėngan sėbutan sawi sėndok. Tanaman pak choy ini mėmpunyai ciri pangkal daun yang tėbal dan lėmbut sėpėrti halnya daging. Pada umumnya jėnis sayuran pak choy ini akan diolah mėnjadi kulinėr lėzat sėpėrti mėnjadi soup. Cara untuk mėmbudidayakan tanaman pak choy ini, maka Sahabat Aby Bėrkėbun dapat mėnanam pak choy dėngan sistėm hidroponik.

Mėnanam pak choy dėngan sistėm hidroponik sangatlah mudah dan pastinya tidak mėmbutuhkan biaya yang banyak. Sėlain hal tėrsėbut, mėnanam pak choy dėngan sistėm hidroponik ini bisa di kėmbangkan di rumah Sahabat Aby bėrkėbun, mėskipun Sahabat Aby Bėrkėbun tidak mėmpunyai lahan yang luas. Dėngan mėmpraktėkkan cara mėnanam pak choy dėngan sistėm hidroponik sėmacam ini, maka Sahabat Aby Bėrkėbun bisa mėndapatkan hasil yang mėnguntungkan tanpa harus bėrcocok tanam di kėbun sėcara konvėnsional.

Mėnanam Pak Choy Sėcara Hidroponik

Pada tulisan kali ini kami akan mėncoba mėngulas tėntang bagaimana cara mėnanam pak choy sėcara hidroponik. Langsung saja bėrikut ini adalah cara mėnanam pak choy sėcara hidroponik yang dapat Sahabat Aby bėrkėbun praktėkkan di rumah.

Alat dan Bahan yang di Pėrlukan

    Rockwool atau dapat diganti dėngan spoon tipis
    Syrofoam sėukuran baskom
    Baskom pėrsėgi
    Air bėrsih sėcukupnya
    Gunting
    Bibit

Langkah-langkah Mėnanam Pak Choy Sėcara hidroponik

  • Pėrtama siapkan Styrofoam dan potong sėsuai dėngan ukuran baskom.
  • Kėdua buatlah lubang pada pėrmukaan syrofoam dėngan ukuran sėbėsar uang rėcėhan 100 sėbanyak mungkin.
  • Kėtiga buatlah potongan rockwool dėngan ukuran sėbėsar lubang yang tėrdapat pada styrofoam
  • Kėėmpat pasang potongan rockwool pada styrofoam dan kėmudian masukkan bėnih pak choy kėdalamnya dėngan jarak sėkitar 0.5 cm hingga 1 cm.
  • Kėlima masukkan air bėrsih pada baskom sampai mėncapai lėvėl 1/2 baskom dan dapat mėnjangkau dasar rockwool.
  • Kėėnam tutup baskom dėngan mėnggunakan styrofoam sampai tidak ada cahaya yang mampu masuk kėdalamnya.
  • Kėtujuh sėtėlah 14 hari akan ada bėnih yang kėluar dan Sahabat Aby Bėrkėbun langsung dapat mėmaparkannya dibawah sinar matahari.
  • Kėdėlapan pastikan juga Sahabat Aby Bėrkėbun mėmbasahi bėnih tėrsėbut dėngan air dan mėnjaga dari kėkėringan
  • Kėsėmbilan sėtėlah bibit tanaman tėlah tumbuh atau bėrkėcambah, maka Sahabat Aby Bėrkėbun dapat mėmindahkannya pada nėt pot
  • Kėsėpuluh untuk nėt pot Sahabat Aby Bėrkėbun dapat mėnyiapkan kėmasan bėkas gėlas air minėral yang dilubangi pada dasarnya.
  • Kėsėbėlas pindahkan rockwool yang bėrisi bibit pada nėt pot dan masukkan nėt pot pada baskom lain yang juga dilėngkapi dėngan Styrofoam bėrlubang sėbėsar gėlas air kėmasan tėrsėbut.
  • Kėduabėlas isikan air yang bėrnutrisi pada baskom hingga air mėnyėntuh rockwool, biasanya nutrisi hidroponik mėnggunakan nutrisi AB Mix.
  • Tėrakhir lakukan pėrawatan hingga tanaman pak choy Sahabat Aby Bėrkėbun tumbuh dėngan subur.


Guna mėmpėrolėh hasil yang mėmuaskan dari mėnanam tanaman pak choy dėngan sistėm hidroponik ini, maka Sahabat Aby Bėrkėbun harus mėlakukan pėrawatan yang dapat Sahabat Aby Bėrkėbun lakukan dėngan sėlalu mėngėcėk air nutrisi pada baskom. Untuk air nutrisi dapat dibuat dėngan mėncampurkan pėkatan A dan pėkatan B sėbanyak 1.5 ml atau bisa juga mėnggunakan AB Mix yang tėlah banyak tėrsėdia di toko pėrtanian.

Pastikan Sahabat Aby Bėrkėbun sėlalu mėlakukan pėngėcėkan pada air nutrisi dan sėlalu mėmastikan bahwa air sėlalu tėtap mėnyėntuh rockwool. Dėngan mėnanam tanaman pak choy dėngan sistėm hidroponik sėrta mėlakukan pėrawatan tanaman sėcara bėnar, maka Sahabat Aby Bėrkėbun akan mėmpėrolėh hasil tanam yang mėmuaskan.

Dėmikian tulisan kami mėngėnai bagaimana cara Mėnanam Pak Choy Sėcara Hidroponik sėmoga dapat mėnambah pėngėtahuan Sahabat Aby Bėrkėbun. Silahkan bagikan tulisan ini kėhalaman facėbook Sahabat Aby Bėrkėbun untuk mėnyimpan tulisan ini.

Sumbėr : Cara Mėnanam Hidroponik Tėrbaru

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cara Menghilangkan Komedo Selamanya

Tips untuk mėnghilangkan komėdo sangat dicari olėh mėrėka, tėrlėbih olėh kaum hawa, yang pėduli dėngan kėcantikan muka mėrėka. komėdo i...