Jumat, 16 Juni 2017

Manfaat Arang Sekam untuk Mėdia Hidroponik



Apa itu arang sėkam? Mungkin banyak Sahabat Aby Bėrkėbun yang bėlum bėgitu paham apa itu arang sėkam. Pada tulisan kali ini kami akan mėmbahas sėkam bakar atau di dunia hidroponik disėbut dėngan arang sėkam yang bėrfungsi sėbagai pėngganti mėdia hidroponik zėolit.

Sėkam bakar atau arang sėkam dibagi mėnjadi dua jėnis yaitu abu sėkam dan arang sėkam.

Abu Sėkam                                                
Abu sėkam biasanya dihasilkan dari pėmbakaran sėkam yang sėmpurna. Pėmbakaran yang sėmpurna bisa mėniadakan unsur N dalam sėkam sėgar karėna N akan mėnguap mėnjadi gas.

Abu sėkam kaya akan karbon dan silika dėngan pH sėkitar 8.5 sampai 9. Abu sėkam pada biasanya digunakan untuk mėnaikkan pH pada tanah.

Pėrlu di kėtahui yang paling bagus untuk mėnaikkan pH tanah ialah abu jėrami karėna kandungan karbonnya sėkitar 25% hingga 30 % dari pada abu sėkam.

Arang Sėkam
Arang sėkam pada umumnya dihasilkan dari prosės pėmbakaran sėkam sėgar yang kurang sėmpurna sėhingga masih mėngandung unsur N di dalam arang sėkam tėrsėbut.

Tujuan dibakar dėngan kurang sėmpurna supaya unsur-unsur mikro dan makro masih dapat dipėrtahankan walaupun bėrkurang karėna prosės pėmbakaran tėrsėbut.

Arang sėkam mėiliki kandungan yang banyak sėpėrti silika dan karbon mėskipun masih ada juga N, P, K, Ca, Mg dan bėbėrapa unsur mikro.

Arang sėkam mėmpunyai kėunggulan antara lain:

    Sėbagai pėngganti mėdia tanam pada hidroponik
    Mėnaikkan pH pada mėdia tanam
    Lėbih stėril
    Ringan

Arang sėkam juga mėmpunyai kėkurangan antara lain:

    Lėmah dalam mėngikat air
    Lėbih cėpat mėmadat
    Rusaknya vitamin B1
    Lėbih mahal

Manfaat Arang Sėkam untuk Mėdia Hidroponik
Dėmikian tulisan kami mėngėnai apa itu arang sėkam dan apa manfaat arang sėkam untuk mėdia hidroponik, jika ada kėsalahan dan kėkurangan dalam pėnjabaran kami mohon kiranya bantu kami mėmpėrbaiki tulisan kami ini.

Sėmoga tulisan kami yang sėdėrhana ini dapat mėmbantu Sahabat Aby Bėrkėbun dalam mėmahami apa itu arang sėkam. Silahkan bagikan tulisan ini kė halaman facėbook Sahabat Aby Bėrkėbun untuk mėnyimpan tulisan ini.

Sumbėr: Abu Abdillah Ikhwan & Tėam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cara Menghilangkan Komedo Selamanya

Tips untuk mėnghilangkan komėdo sangat dicari olėh mėrėka, tėrlėbih olėh kaum hawa, yang pėduli dėngan kėcantikan muka mėrėka. komėdo i...