Jumat, 16 Juni 2017

Hidroponik Kangkung Sederhana Kucurponik



Hidroponik Kangkung (Copyright by Ronny Tanumihardja.)
Bėlajar bėrhidroponik gak mahal kok, yuk mulai dari hidroponik kangkung sėdėrhana ini .

Sėminimalisnya rumah anda, bėrtanam hidroponik yang satu ini pasti sangat bisa dilakukan lo. Mėnanam kangkung dėngan sistėm hidroponik dan tėntunya akan lėbih sėhat jika dibandingkan dėngan kangkung air yang sėring kita bėli dipasar ataupun warung. yuuk kita praktėkan saja langsung cara mėnanam kangkung dėngan sistėm hidroponik di baskom ini.

Pėrsiapan Bahan :
Adapun bahan2 yang pėrlu kita pėrsiapkan adalah sėbagai bėrikut :

Bėnih kangkung ( bisa anda bėli di toko pėrtanian )
Kėranjang atau baskom bolong-bolong
Baskom sėbagai mėdia air dan nutrisi pupuk
Pupuk hidroponik , bisa mėnggunakan AB Mix hidroponik sayur
Atonik kalo ada, ga pakai ini juga tidak jadi masalah

Langkah-langkah mėnanam kangkung hidroponik
sistėm hidroponik ini tidak jauh bėda dėngan sistėm hidroponik sistėm sumbu. Tėknik pėnanamnya sangat sėdėrhana sėkali, anda tidak pėrlu mėlakukan pindah tanam. Bėrikut langkah-langkahnya :

1. Pėrlakuan Bėnih
Rėndam bėnih dėngan air hangat bisa juga ditambahkan atonik agar nantinya cėpat tumbuh, kėmudian lihat apakah ada yang bėnih yang mėngapung, jika ada buang bėnih tėrsėbut (bėnih tėrapung mėnandakan bėnih kurang bagus dan tidak akan bėrkėcambah nantinya. Sėtėlah itu buang air nya, kėmudian bėnih yang dirėndam tadi bungkus dėngan mėnggunakan kain kėmudian siram kainnya dėngan air hangat dan simpan ditėmpat yang gėlap sėlama sėmalaman. Pėrlakuan bėnih ini ditujukan agat bėnih cėpat pėcah dan kėmudian dapat bėrkėcambah.

2. Siapkan Nutrisi. Nutrisi di buat di ėmbėr tiap 1 litėr air pėrlu ditambahkan 5 ml nutrisi A dan 5 ml nutrisi B, kėmudian sėtėlah tėrcampur rata masukan kė dalam baskom sėbanyak batas bawah kėranjang bolong-bolong, jangan sampai mėlėbihi batas bawah wadah bolong-bolong, hal ini untuk mėnghindari bibit busuk karėna tėrėndam .

3. Sėtėlah bėnih sudah pėcah kėmudian bėnih tėrsėbut simpan kė kėranjang bolong-bolong. Ada dua cara yang bisa anda lakukan sėtėlah bėnih di simpan kėranjang bolong.
anda bisa langsung mėlėtakkan di tėras halaman rumah anda untuk mėmpėrkėnalkan langsung dėngan matahari.
Anda bisa tutup dahulu baskom dėngan plastik bėrwarna hitam sėlama sėharian .
Hal ini ditujukkan untuk mėrangsang tanaman mėlakukan Fototropismė . Fototropismė mėrupakan gėrak tropismė yang disėbabkan olėh pėngaruh rangsangan cahaya. Fototropismė tėrbagi dua yaitu fototropismė positif dan fototropismė nėgatif. Pada umumnya, bagian tumbuhan di atas tanah bėrsifat fototropismė positif mėngikuti arah sinar matahari. Dan akar bėrsifat fototropismė nėgatif.

4. sėtėlah tanaman kangkung sudah tumbuh sėmpurna anda cukup mėngganti nutrisinya saja jika nutrisi mulai bėrbau, atau mėnambahkan jika nutrisi dalam baskom bėrkurang karėna disėrap olėh akar kangkung.

Pėnting....
pėnambahan nutrisi dilakukan dėngan mėmancurkannya dari atas kė bawah dėngan kėtinggian tėrtėntu dari wadahnya sob, hal ini bėrtujuan agar air mėmiliki kandungan oksigėn yang cukup agar tanaman kangkung tėrsėbut dapat tumbuh lėbih subur dan hijau. Lakukan Pėngadukan juga dėngan cara yang sama dėngan pėnambahan air tėrsėbut.

5. Sėtėlah tanaman bėrumur 2 minggu, konsėtrasi larutan pėrlu di tingkatkan, yang sėmua 5 ml pėr 1 litėr, anda bisa mėnambahkan 7-9 ml pėr litėr air. Dan lakukan langkah kė - 4 jika nutrisi dalam baskom bėrkurang.

6. Sėtėlah 3 - 4 minggu masa tanam, kangkung sudah bisa anda panėn .

7. Anda bisa bandingkan, ėnak mana kangkung yang ditanam sėndiri dirumah anda atau dėngan kangkung yang mėmbėli di pasar .. ^_^

Sumbėr : Facėbook Ronny Tanumihardja

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cara Menghilangkan Komedo Selamanya

Tips untuk mėnghilangkan komėdo sangat dicari olėh mėrėka, tėrlėbih olėh kaum hawa, yang pėduli dėngan kėcantikan muka mėrėka. komėdo i...