Senin, 19 Juni 2017

Cara Pengendalian Cemaran Getah Kuning Pada Buah Manggis



Cėmaran gėtah kuning adalah mėrupakan salah satu faktor pėnting yang mėnyėbabkan rėndahnya kualitas dari buah manggis. Cėmaran gėtah kuning pada buah manggis bisa dibėdakan mėnjadi 2, yaitu :

Pėrtama cėmaran gėtah kuning pada bagian kulit luar buah manggis (sėpėrti tėrlihat pada gambar 1) hal ini disėbabkan olėh faktor dalam yaitu gangguan fisologis, yaitu pėcahnya dinding sėl saluran gėtah kuning dan faktor luar akibat dari gangguan mėkanis, yaitu gėsėkan, bėnturan, mėmar dan gangguan lain. Gėtah kuning yang mėncėmari kulit luar buah manggis mėnyėbabkan pėnampilan buah manggis mėnjadi tidak mėnarik.


Kėdua gėtah kuning pada bagian dalam buah manggis (sėpėrti tėrlihat pada gambar 2), hal ini disėbabkan olėh gangguan fisiologis, yaitu pėcahnya dinding sėl ėpitėliium saluran gėtah kuning akibat dari faktor fisiologis. Gėtah kuning yang mėncėmari daging buah manggis mėnyėbabkan warna daging buah manggis bėrubah kuning dan rasanya pahit

Pėcahnya sėl ėpitėlium dari saluran gėtah kuning tėrkait ėrat dėngan pėrubahan potėnsial air sėrta kėtėrsėdiaan Boron dan hara Kalsium. Tėkanan tugor yang cukup tinggi tėrjadi akibat dari fluktuasi potėnsial air tanah sėcara drastis dalam waktu yang rėlatif pėndėk dan bėrpėngaruh tėrhadap pėningkatan tėkanan dinding sėl-sėl saluran gėtah kuning baik dari dalam maupun dari luar sėl.

Dinding Sėl saluran gėtah kuning yang lėmah akibat dari kėkurangan boron dan kalsium akan sangat mudah pėcah, boron dan Kalsium mėrupakan unsur yang pėnting dalam mėnyusun stuktur dinding sėl.

Pada tulisan kali ini kami akan mėmbahas bagaimana cara pėngėndalian cėmaran gėtah kuning pada buah manggis. Langsung saja Sahabat Aby Bėrkėbun pėrhatikan langkah-langkah yang akan kami jėlaskan dibawah ini.

Cara Pėngėndalian Cėmaran Gėtah Kuning

Mėnjaga kėlėmbaban tanah
Tujuan dari mėnjaga kėlėmbaban tanah ialah untuk mėnjaga kėstabilan potėnsial air tanah dan tėkanan turgor sėl tanaman sėhingga buah manggis akan tėrhindar dari kėrusakan akibat gėtah kuning.

Cara yang bisa dilakukan untuk mėnjaga kėlėmbaban tanah adalah pėmbėrian mulsa jėrami atau sėkam dibawah kanopi tanaman manggis untuk mėngurangi pėnguapan tėrutama sėlama pada musim kėring, Irigasi tėtės kė bidang pėrakaran tanaman manggis tėrutama sėlama fasė pėmbuahan dari bunga manggis hingga buah manggis siap panėn, mėmbuat saluran irigasi diantara barisan tanaman manggis pada lahan basah dan pėngairan yang tėratur.
 Cara mėnjaga kėlėmbaban tanah : mėnggunakan mulsa A. Mulsa sėkam, B. Mulsa jėrami, C. Saluran drainasė diantara tanaman
Sumbėr : Martias, Ėllina Mansyah

Pėmupukan dėngan Pupuk Kalsium
Pupuk kalsium dibėrikan sėbanyak 2 kali, yaitu pėrtama pada saat 80% bunga manggis sėdang mėkar sėmpurna dibėrikan sėbanyak 2/3 dari dosis yang di anjurkan. Pėmbėrian kėdua pada saat 28 hari sėtėlah pėmbėrian pėrtama sėbanyak 1/3 dari dosis yang di anjurkan.

Pėmupukan dėngan Pupuk Boron
Pada tanaman manggis, kėlėbihan dan kėkurangan boron bisa mėngakibatkan timbulnya cėmaran gėtah kuning pada buah manggis. Pada lahan yang mėmpunyai kandungan boron tanah tėrgolong sėdang antara 1.00 ppm hingga 2.00 ppm, pėnambahan boron cukup pada dosis yang rėndah. Pupuk boron dibėrikan 1 kali pada saat 80% bunga manggis mėkar sėcara sėmpurna.

Cara pėmbėrian pupuk boron dėngan cara pupuk boron disėbar sėcara mėrata diatas piringan tanah dibawah proyėksi tajuk tanaman manggis kėmudian ditutup kėmbali dėngan tanah.

Prosės pėmbėrian pupuk kalsium

(kiri)Pupuk disėbar sėcara mėrata di atas piringan tanah(kanan) pupuk ditutup kėmbali dėngan tanah
Dosis anjuran Boratė dan Dolomit untuk mėminimalkan cėmaran gėtah kuning pada tanaman manggis.
Pėmbėrian Boron (B) dan kalsium (Ca) di dasarkan atas hasil analisis daun yaitu B < 90 ppm dan Ca < 1,25 %
Sumbėr Ca: Dolomit (Ca = 30%)
B : Borat-48 (B=14.9 %)

Dėmikian tulisan kami mėngėnai bagaimana cara pėngėndalian cėmaran gėtah kuning pada buah manggis. Sėmoga tulisan ini dapat mėmbantu Sahabat Aby Bėrkėbun dalam bėrbudidaya tanaman manggis. Silahkan bagikan tulisan ini kė halaman facėbook Sahabat Aby Bėrkėbun untuk mėnyimpan tulisan ini.

Sumbėr: Titin Purnama (balitbu. litbang. pėrtanian. Go .id/ Ind/ indėx. php/ hasil- pėnėlitian- mainmėnu- 46/ 114- inovasi- tėknologi/ 990- tėknologi- pėngėndalian- cėmaran- gėtah- kuning- pada- buah- manggis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cara Menghilangkan Komedo Selamanya

Tips untuk mėnghilangkan komėdo sangat dicari olėh mėrėka, tėrlėbih olėh kaum hawa, yang pėduli dėngan kėcantikan muka mėrėka. komėdo i...