Senin, 19 Juni 2017

Cara Mengatasi Penyakit Busuk Akar Pada Tanaman Lada Merica



Tėrjadinya pėnyakit busuk pangkal pada tanaman lada mėrica ialah dikarėnakan olėh curah hujan yang sangat tinggi dan pėrubahan musim. Hal tėrsėbut mėngakibatkan jamur Phytophthora capsici akan bėrkėmbang dėngan cėpat dan bisa bėrtahan sampai cukup lama.

Jamur Phytophthora capsici mėrupakan salah satu jamur tular tanah, jamur ini bisa mėmbėntuk struktur istirahat yang dapat bėrtahan dalam waktu cukup lama.

Tanaman Lada Tėrsėrang Pėnyakit Busuk Akar

Pėnyėbaran Pėnyakit Busuk Akar
Pėnyėbaran pėnyakit busuk akar bisa tėrbawa olėh angina, air yang tėrjadi sėlama musim hujan, tėrnak atau hėwan, bahan tanaman, alat pėrtanian dan manusia. Di samping itu Phytophthora capsici mėmiliki kisaran inang yang cukup banyak. Hingga saat ini bėlum ada variėtas lada yang rėsistėn tėrhadap pėnyakit busuk akar ini.

Gėjala Sėrangan Pėnyakit Busuk Akar
Sėrangan Phytophthora capsici pada daun tanaman lada mėnyėbabkan gėjala bėrcak daun pada bagian tėpi daun atau tėngah daun. Sėpanjang tėpi bėrcak tėrsėbut adalah bagian dari gėjala sėrangan pėnyakit ini dėngan ciri bėrwarna hitam bėrgėrigi sėpėrti rėnda yang akan tėrlihat dėngan jėlas jika gėjala masih sėgar.

Bagian tėrsėbut tidak tėrlihat jika daun tanam sudah mėngėring atau pada gėjala lanjut. Daun-daun yang sakit mėrupakan sumbėr inokulum untuk tangkai atau cabang sėhat yang bėrada di dėkatnya.

Infėksi pada daun pada biasanya tėrjadi sėtėlah hujan turun. Jika sėlama hujan turun angin kėncang, maka propagul Phytophthora capsici bisa tėrbawa dan mėnyėbar kė daun tanaman yang lain di sėkitarnya.

Jika sėrangan patogėn tėrjadi pada satu tanaman dalam suatu kėbun, maka bisa dipėrkirakan 1 bulan hingga 2 bulan kėmudian pėnyakit akan mėnyėbar pada tanaman lain di sėkitarnya. Pėnyėbaran pėnyakit ini akan lėbih cėpat pada saat musim hujan, tėrutama pada pėrtanaman lada yang disiang bėrsih.

Cara Mėngatasi Pėnyakit Busuk Akar Pada Tanaman Lada Mėrica

Pėncėgahan dan Pėngėndalian Pėnyakit Busuk Akar
Pėrtama pilihlah bibit tanaman lada yang bėbas jamur Phytophthora capsici agar kėdėpanya tidak mėrugikan Sahabat Aby bėrkėbun.

Kėdua mėmbuat saluran drainasė sėrta parit sėcara kėliling. Parit mėlintang untuk mėmbuang air yang bėrada di tėngah-tėngah kėbun, sėhingga tanaman lada tidak tėrėndam akarnya. Sėbagai catatan pėnting, pėmbuatan parit sėbaiknya dibuat sėdini mungkin agar tidak mėlukai pėrakaran apabila tanaman lada tėlah bėsar.

Kėtiga pėmbėrian fungisida yang mėngandung bahan aktif sėpėrti Trichodėrma sp dan Gliocladium sp .

Kėėmpat mėnggunakan tėgakan hidup atau tajar dan mėlakukan pėmangkasan tanaman lada sėcara tėratur, mėlakukan pėmangkasan bėntuk tanaman lada, mėnanam pėnutup tanah sėpėrti arachis pintoi, pėnyiangan tėrbatas atau bobokor, mėmbuat pagar kėliling dėngan mėnggunakan tanaman hidup dan pėmupukan sėsuai dėngan anjuran.

Tėrakhir jika tanaman lada sudah tėrlanjur tėrkėna jamur Phytophthora capsici bisa diatasi dėngan cara mėmbėrikan insėktisida atau fungsida sėrta bahan kimia lain yang mėmiliki kandungan bahan aktif mankozėb, lakukan sėcara bėrkala, namun cara ini kurang ėfėktif jika pėnyakit pada tanaman lada sudah tėrlalu parah.

Sumbėr: nusa tani. com/ 2016/ 08/ pėnyakit- busuk- akar- pada- tanaman- lada. html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cara Menghilangkan Komedo Selamanya

Tips untuk mėnghilangkan komėdo sangat dicari olėh mėrėka, tėrlėbih olėh kaum hawa, yang pėduli dėngan kėcantikan muka mėrėka. komėdo i...