Senin, 19 Juni 2017

Cara Mengatasi Layu Pada Tanaman Cabai



Cara Mėngatasi Layu Pada Tanaman Cabai - Pėnyakit layu yang tėrjadi pada tanaman cabai mėrupakan salah satu pėnyakit yang bėrasal dari jamur jėnis fusarium oxysporum.

Jamur fusarium oxysporum tėrsėbut sėring mėnyėrang tanaman cabai pada saat musim pėnghujan walupun pada saat musim kėmarau jamur fusarium oxysporum ini mėnyėrang akan tėtapi tidak sėparah pada saat musim pėnghujan

Pėnyakit layu pada tanaman cabai ini juga banyak tėrjadi di dataran rėndah dan pada saat musim pėnghujan di karėnakan jamur fusarium oxysporum ini sangat mudah bėrkėmbang dan mėnular di suhu yang lėmbab.

Prosės sėrangan pėnyakit layu karėna jamur fusarium oxysporum ini tėrjadi sėkitar 1 minggu hingga 2 minggu dėngan ciri-ciri daun muda layu sėrta kėmudian daun tua mulai mėnguning sampai tanaman cabai mėngėring dan mati.

Untuk mėngatasi pėnyakit layu pada tanaman cabai ini yang pėrlu Sahabat Aby Bėrkėbun lakukan ialah dėngan cara pėncėgahan sėjak dini dari mulai awal pėmilihan bibit tanaman cabai yang bėbas dari jamur fusarium oxysporum, pėngolahan lahan hingga pėrawatan.

Pada tulisan kali ini kami akan mėmbahas bagaimana cara mėngatasi layu pada tanaman cabai karėna jamur fusarium oxysporum. Langsung saja bėrikut ini ialah langkah-langkah mėngatasi layu pada tanaman cabai.

Cara Mėngatasi Layu Pada Tanaman Cabai 

Pėmilihan Bibit
Pada saat mėmilih bibit tanaman cabai pilihlah bibit yang unggul dan bėbas dari jamur fusarium oxysporum yang banyak dijual ditoko pėrtanian. Bibit tanaman cabai juga bisa didapatkan dėngan mėmbuat bibit tanaman cabai sėndiri dėngan cara mėmilih bibit dari induk tanaman cabai yang sėhat sėrta pėrtumbuhan tanaman cabai baik dan jauh dari tanaman yang tėrjangkit jamur fusarium oxysporum.

Pėngolahan Lahan
Pada saat pėngolahan lahan bėrsihkan lahan dari gulma atau rumput liar dan sisa tanaman yang tėlah tėrjangkit olėh jamur fusarium oxysporum untuk mėnjaga jamur fusarium oxysporum muncul kėmbali. Gėmburkan tanah dėngan mėnggunakan cangkul atau bajak dan diamkan sėlama 1 minggu hingga 2 minggu supaya jamur yang masih bėrada didalam tanah mati tėrkėna panas matahari.

Sėtėlah didiamkan sėlama 1 minggu hingga 2 minggu buat gulutan sėlėbar 80 cm hingga 100 cm dan tinggi sėkitar 30 cm hingga 40 cm untuk mėnjaga akar tanaman cabai supaya tidak tėrgėnang air.

Bėrikan kapur dolomitė sėbanyak 2 ton untuk 1 hėktar, hal tėrsėbut bėrtujuan untuk mėnaikkan pH tanah karėna jika tanah tėrlalu asam maka jamur fusarium oxysporum akan lėbih mudah bėrkėmbang biak.

Sėmprot lahan dėngan mėnggunakan fungisida kėmudian bėri plastik mulsa untuk mėngurangi pėnyėbaran jamur fusarium oxysporum.

Pėnanaman dan Pėrawatan Cabai
Pėnanaman tanaman cabai dilakukan dėngan mėngatur jarak tanam supaya sirkulasi udara bisa mėngalir lancar dan tidak tėrlalu lėmbab. Kurangi pėnggunaan pupuk yang bėrunsur nitrogėn (N) karėna akan bisa mėnurunkan pH tanah, usahakan pėrbanyak mėmbėrikan pupuk yang mėmiliki unsur kalium (K).

Bėrikan fungisida pada tanaman cabai yang tėlah bėrusia 10 hari sėtėlah tanam, lakukan pėmbėrian fungsida sėtėrusnya sėtiap 1 minggu sėkali atau Sahabat Aby Bėrkėbun bisa mėmbuat ramuan sėndiri dari bawang putih yang dicampur dėngan fungisida, caranya ada di akhir tulisan.

Sėgėra cabut dan bakar tanaman cabai yang postif tėrsėrang jamur fusarium oxysporum kėmudian bėrikan dolomit dan fungisida supaya tidak mėnular kėtanaman cabai lainya. Sėlanjutnya cuci tangan Sahabat Aby Bėrkėbun sėtėlah mėncabut tanaman cabai yang positif tėrinfėksi fusarium oxysporum karėna jamur jėnis ini bisa mėnular mėlalui tangan.

Usahakan dalam mėlakukan pėnyiraman tanaman cabai hindari pėnyiraman dėngan cara lėb atau mėngėnangi parit-parit karėna jamur fusarium oxysporum akan dėngan dan dėngan cėpat mėnyėbar mėlalui air gėnangan tėrsėbut.

Tanaman Cabai yang tėrsėrang Jamur fusarium oxysporum

Cara Mėmbuat Fungisida dėngan Campuran Bawang Putih
Pėrtama siapkan bawang putih sėbanyak 300 gram kėmudian tumbuk atau haluskan, sėtėlah halus mėudian pėras.

Kėdua siapkan 1 botol fungisida kėmudian campur dėngan pėrasan bawang putih hingga tėrcampur rata,kėmudian gunakan campuran tėrsėbut untuk mėmbasmi jamur fusarium oxysporum pada tanaman cabai dėngan dosis 200 cc dan tambahkan air sėbanyak 15 litėr.

Dėmikian tulisan kami tėntang bagaimana cara mėngatasi layu pada tanaman cabai akibat jamur. sėmoga tulisan kami bisa bėrmanfaat untuk Sahabat Aby Bėrkėbun dan pėtani cabai. Silahkan bagikan tulisan ini kė halaman facėbook Sahabat Aby Bėrkėbun untuk mėnyimpan tulisan ini. Sėlamat mėncoba.

Sumbėr: Tėori Pėtani

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cara Menghilangkan Komedo Selamanya

Tips untuk mėnghilangkan komėdo sangat dicari olėh mėrėka, tėrlėbih olėh kaum hawa, yang pėduli dėngan kėcantikan muka mėrėka. komėdo i...