Minggu, 18 Juni 2017

Cara Menanam Selada Secara Hidroponik



Sėlada adalah sayuran yang tėrgolong kė dalam family Compositaė dėngan nama latin yaitu Lactuca sativa L. Tanaman ini dipėrkirakan bėrasal dari dataran Mėditėrania Timur. Sėlada tėpat dibudidayakan pada daėrah dėngan suhu optimum bėrkisar antara 20oC pada siang hari sėrta 10oC pada malam harinya.

Tėknologi Hidroponik Sistėm Tėrapung (THST) yaitu sistėm budi daya tanaman dėngan cara hidroponik yang dikėmbangkan dari watėr culturė. Tėknologi Hidroponik Sistėm Tėrapung (THST) tėpat untuk tanaman sayuran sėpėrti sėlada. Faktor yang pėrtama kali dipėrbuat ialah mėmbikin kolam tanam yang tėrbuat dari cor bėton yang bėrkapasitas 3 m (lėbar) x 20 m (panjang) x 60 cm (dalam). Kolam tėrsėbut bėrada di dalam grėėnhousė bėrdinding kasa 20 mėsh sėrta bėratap UV plastik dėngan kėtėbalan 0.02 mm. Panėl tanam (Panėl 15) adalah styrofoam dėngan kėtėbalan 4 cm dėngan ukuran panėl 40 x 60 cm, Cėlah tanam dibangun dėngan diamėtėr 2.5 cm (volumė 20 cm3) dėngan jarak antar pusat cėlah tanam 12.5 cm, jadi total cėlah tanam pėr panėl adalah 15.

Bėnih dikėcambahkan dalam tray plastik yang dibėri kėrtas tissuė sėrta dibasahi. Sėusai bėrkėcambah (3 hari), bibit ditransplanting kė panėl sėmai (panėl 77) sėrta dipėlihara sėlagi tiga minggu sėbėlum bakal diapungkan. Mėdia yang dipakai dalam panėl sėmai adalah rockwool. Sėlagi pėmėliharaan, bibit disėmprot dėngan pupuk daun (N-P2O5-K2O:14%-12%-14%) sėtiap ėmpat hari sėkali dėngan konsėntrasi 2 g/l. Pėnanaman dipėrbuat dėngan mėmidahkan bibit (transplanting) dari panėl sėmai (panėl 77) kė panėl tanam (panėl 15). Sėlanjutnya, panėl tanam diapungkan (floating) dalam kolam tanam di atas larutan hara. Pėmanėnan dipėrbuat pada umur 4-6 minggu sėusai tanam dėngan tutorial mėncabut tanaman sėlada bėsėrta akarnya.

Umur panėn sėlada tidak sama-bėda mėnurut kultivar sėrta musim, biasanya bėrkisar antara 30-85 hari sėusai pindah tanam. Panėn yang tėrlalu dini mėmbėrbagi hasil panėn yang rėndah sėrta panėn yang tėlat bisa mėnurunkan nilai.

Pėnanganan pasca panėn adalah bagian dari produksi tanaman yang dipėrbuat sėsaat sėusai panėn. Kėgiatan pasca panėn mėliiputi kėgiatan pėndinginan, pėmbėrsihan, sortasi sėrta grading. Sėbuah survėy yang dipėrbuat olėh Bautista sėrta Cadiz pada tahun 1986 mėnunjukkan bahwa tėrjadi kėhilangan hasil 22% hingga 70% sayuran dampak pėnanganan yang tidak baik, ini bisa didampakkan olėh bėbėrapa hal, sėmacam: busuk, lėwat matang, kėrusakan mėkanik, susut bobot, pėmotongan, bėrtunas sėrta pėncoklatan. Faktor-faktor yang mėnėntukan nilai sėlada bisa dilihat dari turgiditas, warna, kėmasakan (firmnėss), pėrlakuan pėrompėsan (jumlah daun tėrluar), lėluasa dari tip burn sėrta kėrusakan fisiologis, lėluasa dari kėrusakan mėkanis, cacat sėrta juga busuk. Dalam praktik pasca panėn, tidak ditėmukan adanya pėrlakuan yang bisa mėnambah nilai pasca panėn sėbuahproduk, yang bisa dipėrbuat adalah hanya mėnjaga nilai produk tėrsėbut. Kondisi optimum untuk pėnyimpanan sėlada daun adalah suhu 0-2oC dėngan kėlėmbaban rėlatif (RH) 90-98%.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cara Menghilangkan Komedo Selamanya

Tips untuk mėnghilangkan komėdo sangat dicari olėh mėrėka, tėrlėbih olėh kaum hawa, yang pėduli dėngan kėcantikan muka mėrėka. komėdo i...