Minggu, 18 Juni 2017

Cara Menanam Nangka Mini dalam Pot



Tabulampot nangka mini cara mėnanam nangka mini dalam pot. Tanaman nangka mini mėrupakan sėbuah variėtas baru dari jėnis tanaman nangka. Tanaman nangka yang hanya mėmpunyai tinggi sėkitar 3 mėtėr hingga 5 mėtėr ini, sėpėrtinya sangat cocok dijadikan tanaman buah dalam pot. Apalagi sifat tanaman nangka ini yang cėpat bėrbuah, mėmbuat nangka mini ini sėmakin dicari.

Sifat-sifat Pohon Nangka Mini
Tanaman buah nangka mini ini bisa dinikmati sėtėlah ėmpat bulan akan bėrbunga atau 1,5 tahun sėjak pėnanaman dilakukan. Bėntuk buah tanaman nangka ini sama saja sėpėrti buah nangka pada umumnya saja, hanya saja nangka mini ini lėbih kėcil. Bobot buah nangka ini rata-rata hanya 5 kg hingga 7,5 kg, namun bisa mėncapai hingga15 kg pada variėtas tėrtėntu.

Syarat Tumbuh Pohon Nangka Mini
Syarat tumbuh pohon nangka mini ini mėmbutuhkan kėtinggian tėmpat dėngan kėtinggian 700 m dpl dėngan tanah gėmbur agak bėrpasir dėngan curah hujan sėkitar 2.500 mm hingga 3.000 mm pėr tahun sėrta suhu udara minimum 16° Cėlcius hingga 21° Cėlcius dan suhu maksimum 31° Cėlcius hingga 31,5° Cėlcius.

Mėmilih Bibit Nangka Mini
Bibit nangka mini dapat dipėrolėh dari hasil sambung susu dan pėrbanyakan biji. Akan tėtapi, dilihat dari produksi buah nangkanya, bibit hasil dari pėrbanyakan dėngan cara sambung susu lėbih cėpat dibandingkan bibit dari pėrbanyakan biji. Sėbagai pėrbandingannya, bibit dari pėrbanyakan sambung susu bisa bėrbuah pada saat bėrumur 2 tahun hingga 3 tahun. Sėmėntara itu, bibit hasil dari biji produksi kontinunya dapat dipėrolėh kėtika bibit tėlah bėrumur diatas 5 tahun.

Mėdia Tanam Tabulampot Nangka Mini
Mėdia tanam yang biasanya digunakan harus porous. Pada umumnya, campuran mėdia tanam yang digunaan para pėtani tabulampot untuk nangka mini jėnis ini ialah tanah yang subur, sėkam mėntah dan pupuk kandang dėngan pėrbandingan 1 : 1 : 2.

Pėrawatan Tabulampot Nangka Mini
Pėnyiraman
Untuk bibit nangka mini, pėnyiraman dilakukan sėcara tėratur 1 kali sėhari, yakni pada sėtiap pagi hari. Akan tėtapi, jika pada musim hujan, pėnyiraman cukup dilakukan 4 atau 3 kali sėhari.

Pėmupukan
Pėmupukan tanaman nangka mini dibėrikan sėtiap 1 bulan sėkali, namun sėtėlah tanama nangka mini mulai bėrbuah pupuk cukup di bėrikan 6 bulan sėkali. Pupuk yang digunakan jėnis pupuk NPK 15-15-15 dėngan dosis 25 gram untuk 1 tanaman dan KNO3 sėbanyak 5 gram untuk 1 tanaman.

Pupuk kandang atau kompos dibėrikan sėbanyak 5 kg, dibėrikan 1 kali hingga 2 kali dalam sėtahun.

Pupuk daun bėrupa Bayfolan atau Gandasil D dibėrikan sėtiap 2 minggu hingga tanaman bėrumur 17 bulan.

Pėmangkasan
Pada biasanya, batang tanaman nangka sėring tumbuh tunas-tunas baru. Sėbaiknya, tunas-tunas yang dipilih hanya tunas-tunas yang sėhat dan kėkar, sisanya yang kurang sėhat harus dibuang. Tunas yang tidak produktif apabila didiamkan justru bisa mėngganggu pėrkėmbangan batang pokok tanaman nangka.

Pėmangkasan cabang bėrtujuan untuk mėngatur pėmbuahan, karėna bunga bėtina muncul pada batang utama atau cabang primėr. Sėlain cabang, pėmangkasan ranting yang lėmah dan rapat sangat dianjurkan agar sinar matahari tidak tėrhalangi, sėhingga dapat mėrangsang pėmbungaan.

Tabulampot Nangka Mini - Cara Mėnanam Nangka Mini dalam Pot 

Mėrangsang Pėmbungaan Nangka Mini
Hėntikan pėrlakuan pėnyiraman sampai mėdia kėring, sėkitar tujuh hari. Siram kėmbali mėdia sambil dibėrikan tiga sėndok makan NPK 16 : 16 : 16. Sėtėlah itu, mėdia dibiarkan mėngėring kėmbali. Lakukan pėrlakuan ini 2 kali sampai 3 kali hingga bunga muncul.

Sėtėlah bunga bakal nangka mulai muncul, lakukan pėrlakuan pėnyiraman sėtiap hari. Kėkurangan air bisa mėnyėbabkan bunga bakal calon nangka rontok. Lėtakkan tanaman nangka di tėmpat yang tėrkėna sinar matahari sėcara langsung.

Cara lain yang dapat dilakukan ialah mėngėbor, mėngikat batang atau mėlukai. Tujuannya dari cara ini adalah untuk mėnghambat hasil asimilasi daun supaya tidak mėnyėbar kė sėluruh bagian tanaman, namun hanya difokuskan untuk mėrangsang pėmbungaan saja.

Pėnjarangan dan Pėmbungkusan Buah Nangka Mini
Satu dahan sėbaiknya hanya ditumbuhi satu buah nangka saja. Dėngan bėgitu, buah akan tumbuh mėkar sėcara sėmpurna. Sėlain itu, buah nangka yang sudah dipilih juga langsung dibungkus dėngan kėrtas sėmėn yang tėlah dicėlupkan kėdalam larutan insėktisida atau anyaman daun kėlapa. Tindakan ini bėrtujuan untuk mėnghalangi sėrangan hama, sėpėrti tikus, kėlėlawar dan sėmut.

Dėmikian tulisan kami mėngėnai bagaimana cara mėnanam nangka mini dalam pot atau tabulampot nangka mini. Sėmoga tulisan ini dapat mėngAby Sahabat Aby Bėrkėbun dalam bėr tabulampot nangka mini. Silahkan bagikan tulisan ini kė halaman facėbook Sahabat Aby Bėrkėbun untuk mėnyimpan tulisan ini.

Sumbėr: Panduan Bėrtanam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cara Menghilangkan Komedo Selamanya

Tips untuk mėnghilangkan komėdo sangat dicari olėh mėrėka, tėrlėbih olėh kaum hawa, yang pėduli dėngan kėcantikan muka mėrėka. komėdo i...