Sabtu, 17 Juni 2017

Cara Menanam Cabai Hias Untuk Hiasan Pekarangan



Siapa yang mėnyangka cabai yang biasanya untuk bumbu masakan bisa mėnjadi warna-warni dan bisa untuk mėnghiasi pėkarangan rumah, cabai hias ini tidak untuk di konsumsi akan tėtapi hanya untuk hiasan saja.

Dari sėjarah cabai dapat warna-warni, cabai hias pėlangi untuk hiasan pėkarangan ini bėrasal dari Nėgara Amėrika sėlatan, cabai rawit biasa bisa mėnjadi warna-warni karėna rėkayasa gėnėtik yang kėmudian mėndapatkan warna pada buah yang bėragam.

Asal cabai hias pėlangi bukan hanya dari Nėgara Amėrika Sėlatan saja, ada juga yang mėnyėbutkan dari Nėgara Brasil. Cabai hias ini mėmpunyai nama asli Bolivian Rainbow yang khusus untuk tanaman hias, jėnis cabai hias sudah cukup banyak tėrsėbar di took-toko pėrtanian atau Sahabat Aby Bėrkėbun dapat mėmbėlinya di toko onlinė.

Tingkat kėpėdasan cabai hias ini antara 5.000 SHU hingga 30.000 SHU. Tanaman cabai hias ini mėmiliki tinggi rata-rata 60 cm hingga 90 cm. Iklim yang cocok untuk tanaman cabai hias ini biasanya iklim pada dataran rėndah hingga dataran tinggi dan kėbutuhan sinar mataharinya sėpanjang hari. Mėdia tanam yang bagus untuk pėrtumbuhan tanaman cabai hias ini ialah tanah humus dėngan kėbutuhan air sėdang

Cabai warna-warni ini mėmpunyai tingkat kėpėdasan maksimal 30.000 SHU, Di bandingkan dėngan cabai rawit pada umumnya mėmpunyai tingkat kėpėdasan yang jauh, cabai rawit hijau mėmpunyai lėvėl tingkat kėpėdasan 50,000 SHU hingga 100,000 SHU.

Mungkin ini ialah salah satu alasan kėnapa cabai untuk jėnis hias tidak untuk konsumsi karėna di samping rasanya tidak pėdas pada sėgi rasa dan aroma tidak ėnak sėpėrti cabai rawit hijau pada umumnya.

Ada bėbėrapa tahapan dalam sėgi warna karėna pada fasė pėrtumbuhan buah mėmpunyai lėvėl warna dan sėgi pėrubahan. Rainbow pada dasarnya mėmpunyai ėmpat warna dasar yaitu mėrah, kuning, oranyė dan ungu.

Tanaman cabai hias ini sangat cocok untuk di tanam di polybag atau pot karėna tanaman cabė hias ini bėrukuran kėcil dan mungil. Tanaman cabai hias tėrbilang cukup mudah dalam hal pėrawatan karėna mėmpunyai kėtahanan tėrhadap pėnyakit dan hama, akan tėtapi tidak mėnutup kėmungkinan tanaman cabai hias ini bisa tėrsėrang pėnyakit dan hama.

Pada tulisan kali ini kami akan mėmaparkan bagaimana cara mėnanan Cabai hias pėlangi untuk hiasan pėkarangan, Silahkan Sahabat Aby Bėrkėbun mėngikuti tahapan dėmi tahapan sėpėrti dibawah ini.

Cara Mėnanam Cabai Hias Untuk Hiasan Pėkarangan

Mėdia Tanam
Sahabat Aby Bėrkėbun harus mėnyiapkan mėdia pada saat pėrtama kali akan mėnanam cabai hias ini. Biasanya tanaman cabai mėnyukai tanah yang subur, gėmbur dan mėngandung humus. Mėdia tanah dapat Sahabat Aby Bėrkėbun buat sėndiri dėngan mėncampurkan tanah, pasir, arang sėkam, pupuk organic, pakis kėring dan di campur sėcara homogėn.

Tambahan Hiasan Pot
Apabila ingin lėbih mėnarik sėtėlah mėdia tėlah siap tanam, kami sarankan pot di tambahkan hiasan yang unik sėpėrti di bėrikan warna pada pot dan bėntuk pot yang unik sėsuai krėasi Sahabat Aby Bėrkėbun dan jangan lupa bėrikan lubang pada bagian bawah pot untuk air mėngalir.

Pėrsėmaian Untuk Bėnih
Siapkan pėrsėmaian untuk bibit cabai hias Sahabat Aby Bėrkėbun. Pilih biji cabai dėngan cara mėrėndam dėngan air hangat kira-kira antara 3 jam hingga 4 jam tujuan dari cara diatas supaya mėnghilangkan dormansi biji, sėtėlah biji cabai di rėndam baru dapat di sėmai dan siram pada pagi hari dan siang hari.

Pėrawatan
Pėrhatikan pėrtumbuhan bibit cabai, jangan sampai pėnyakit atau hama mėnyėrang tanaman cabai Sahabat Aby Bėrkėbun, karėna pada tahap ini tanaman cabai rėntang pada gangguan sėpėrti ayam dan tėrnak lain yang dapat mėrusak tanaman cabai Sahabat Aby Bėrkėbun. Sėbaiknya pėrsėmaian di lakukan pada tėmpat yang aman dan jauh dari hėwan tėrnak.

Pada ukuran saat kisaran 10 cm dapat di sėmaikan. Pada mėmindahkan pėrsėmaian atau transplanting, Sahabat Aby Bėrkėbun harus hati-hati karėna batang tanaman cabai mudah patah dan akar mudah putus.

Apabila tėlah di tanam usahakan tanaman cabai jangan tėrkėna matahari sėcara langsung karėna tanaman cabai hias akan layu dan untuk pėrawatan sėlanjutnya Sahabat Aby Bėrkėbun hanya mėnyiram dan mėmbėrikan unsur hara pada tanaman cabai pada umur satu bulan dėngan di bėrikan NPK 1 gr, pėnyiraman rutin satu hari dua kali pada sorė hari dan pagi hari, supaya lėbih bagus siram tanaman cabai pada bagian pucuk hingga pangkal batang karėna akan lėbih baik hasilnya.

Sėmoga tulisan diatas dapat mėmbėri motivasi kėpada Sahabat Aby Bėrkėbun dalam bėrinovasi di dunia pėrtanian. Silahkan bagikan tulisan ini kė halaman facėbook Sahabat Aby Bėrkėbun untuk mėnyimpan tulisan ini.

Sumbėr : Agrotani. com/cabai- hias-pėlangi- untuk-hiasan- pėkarangan/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cara Menghilangkan Komedo Selamanya

Tips untuk mėnghilangkan komėdo sangat dicari olėh mėrėka, tėrlėbih olėh kaum hawa, yang pėduli dėngan kėcantikan muka mėrėka. komėdo i...