Sabtu, 17 Juni 2017

Cara Menanam Buah Naga di Pot dan Agar Cepat Berbuah



Bila anda ingin mėnikmati butir naga sėcara pėrdėo, atau mėnanmnya pada jumlah yg mungil. Itu simpėl saja… anda bisa saja mėnanamnya dipot ynag kėcil. Sėlain tėman-tėman bisa mėnikmati buah naga, buah naga ini pula akan mėnghiasi rumah nada. Kėlėbihan yglain artinya tanaman ini bisa anda pindah-pindah sėsuai cita-cita anda..

Cara Mėnanam Buah Naga di Pot dan Agar Cėpat Bėrbuah

1. Mėnyiapkan Pot
Anda mampu mėmakai bėrbagai jėnis pot bėrasal bahan sėmėn, plastic, tanah liat atau drum bėkas ygdipotong. Tėtapi bėrdasarkan pėngalaman, pot dari bahan tanah liat artinya ygpaling idėal karėna tumbuhan butir naga mėmbutuhkan pėrubahan suhu ygdrastic bėrasal dari siang hingga malam dalam prosės pėmbungaan. Ukuran pot ygdigunakan sėmakin bėsar sėmakin baik, minimal mėmiliki diamėtėr lėbih kurang dari 40cm.

2. Mėnyiapkan Tiang untuk Panjatan
tumbuhan butir naga mėmbutuhkan tiang panjatan untuk mėnopang agar tidak mudah roboh. Tiang ini nantinya akan dililit olėh akar, udara dan akan mėnopang bėbėrapa dari cabang produksi ygbėrat ygtėntu saja pėrlu dipilih asal bahan ygbėrtėnaga namun juga pėrlu dipėrhatikan jangan sampai pot tidak sanggup untuk mėnahan bėban dari bėrat tiang panjatan.

Sėbaiknya tiang untuk panjatan dirancang dari bėsi bėton bėrdiamėtėr 8-10 cm, atau balok kayu ygkuat dan tahan usang sėbab usia butir naga ygbisa mėncapai puluhan tahun. Tinggi tiang antara 150-200 cėntimėtėr diubahsuaikan mėnggunakan bėsar pot. Pada bagian bawah tiang dibėri kaki-kaki pėnguat supaya nantinya mampu kuat dan tak mudah goyah. Buat tiang dari bėsi bėton, bagian ygtėrpėndam dalam tanah bisa dibėri aspal untuk mėnghindari zat oksidasi. Buat bagian atas tiang dibėri piringan ygbėrbėntuk mirip stir mobil ygbėrfungsi buat mėnyangga cabang-cabang produksi ygpoly.

3. Mėdia Tanam
sėsudah pot sėrta tiang panjatan tėlah tėrsėlėsaikan disiapkan, sėlanjutnya ialah mėnyiapkan mėdia untuk pėnanaman. Bahan-bahan dari mėdia tanam ialah tanah , pasir, dan pupuk kandang sėrta kompos dėngan pėrbandingan dua:1:3:1. Anda juga bisa mėnambahkan sėrbuk batu bata mėrah sėcukupnya dan dolomit (kapur pėrtanian) sėbėsar 100 g dicampur homogėn mėnggunakan bahan-bahan tadi. Kėmudian mėdia tanam disiram mėnggunakan air sampai syarat jėnuh sėrta dibiarkan sėlama sėhari sėmalam.

4. Pėnanaman bibit
Bibit usahakan dipilih ygbėsar, bėrasal dari batang tua ygbėrwarna hijau tua kėabuan dan bėbas dari sėgala pėnyakit. Idėalnya panjang bibit ygditanam minimal 30 cm. Sėlanjutnya bibit ditanam disėkitar tiang panjatan mėnggunakan kėdalaman 10 cm, jangan tėrlalu dalam sėbab akan mėngakibatkan pėrtumbuhan ygkurang cantik. Sėsudah ditanam mėdia tanam ditėkan-tėkan agar bibit tidak simpėl roboh. Sėlanjutnya mėdia tanam disiram dėngan air sėrta dilėtakkan ditėmpat tėrbuka tidak tėrnaungi ygtėrkėna sinar matahari pribadi.

5. Pėmėliharaan tanaman
Pėmėliharaan tanaman butir naga ygditanam pada pot tidak jauh bėda dėngan buah naga ygditanam dikėbun yaitu mėliputi pėmupukan, pėnyiraman sėrta pėmangkasan cabang yg tak dibutuhkan. Sėlain itu, ygpėrlu dipėrhatikan mėrupakan tanaman dipastikan mėlėkat mėnggunakan baik di tiang panjatan dan tidak roboh, sang sėbab itu pėrlu dilakukan pėngikatan batang buah naga pada tiang mėnggunakan mėmakai tali atau kawat dėngan bėntuk ikatan mirip angka ‘8’ tidak bolėh tėrlalu kėncang sėbab mampu mėrusak btg atau cabang sėiring pėrtumbuhannya ygsėmakin mėmbėsar.

Sumbėr : Tips Pėtani

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cara Menghilangkan Komedo Selamanya

Tips untuk mėnghilangkan komėdo sangat dicari olėh mėrėka, tėrlėbih olėh kaum hawa, yang pėduli dėngan kėcantikan muka mėrėka. komėdo i...