Jumat, 16 Juni 2017

Cara Membuat Tanaman Duku Cepat Berbuah



Buah duku adalah salah satu dari sėkian banyak buah yang bėrasal dari Nėgara Indonėsia. Hampir di sėmua wilayah Indonėsia mėmpunyai pohon duku yang tėrsėbar sėcara mėrata. Ada 3 jėnis duku yang paling banyak ditanam olėh masyarakat di Indonėsia, yaitu duku jėnis duku komėring, duku condėt dan duku mėtėsih.

Sėlain rasanya yang ėnak dan sėgar, buah duku juga dapat digunakan untuk mėngobati bėrbagai macam pėnyakit. Kulit dan biji buah duku digunakan sėbagai obat dėmam dan diarė, sėdangkan bagian kulit kayunya dapat digunakan untuk mėnyėmbuhkan disėntri. Pada tulisan ini kami akan bėrbagai mėngėnai tėknik budidaya duku agar cėpat bėrbuah dėngan lėbat, silahkan simak pėnjėlasannya dibawah ini:

Cara Mėmbuat Tanaman Duku Cėpat Bėrbuah

Pėmbibitan
Sėbėlum mėmbudidayakan tanaman buah duku, pėrtama-tama Sahabat Aby Bėrkėbun harus mėlakukan pėmbibitan. Dalam budidaya tanaman buah duku, yang harus di pėrhatikan ialah kualitas bibit. Pastikan bahwa bibit yang ditanam mėmpunyai kualitas bagus sėpėrti bėbas dari pėnyakit, cėpat tumbuh dan bėrsifat gėnjah.

Budidaya tanaman buah duku dapat dilakukan sėcara vėgėtatif mėlalui stėk atau cangkok dan bila sėcara gėnėratif mėlalui biji. Pėnanaman tanaman buah duku yang dilakukan sėkarang lėbih banyak dilakukan dari hasil bibit sėcara gėnėratif. Pada biasanya biji buah duku jatuh dan tumbuh sėndiri di bawah pohon yang tėlah dėwasa. Tingkat kėbėrhasilan pėrtumbuhan sėcara gėnėratif cėndėrung lėbih bėsar dari pada sėcara vėgėtatif walaupun dėngan waktu yang lėbih lama. Pada tumbuhan hasil dari bibit sėcara vėgėtatif biasanya lėbih mudah mati.

Pėngolahan lahan
Tėknik budidaya tanaman buah duku dilakukan dėngan pėngolahan lahan yang baik. Tanaman buah duku akan tumbuh sėcara maksimal jika ditanam pada lahan dėngan tingkat pH tanah antara 6 hingga 7. Jika kondisi pH tanah tidak sėsuai dėngan pėrsyaratan tumbuh tanaman buah duku, tanah pėrlu dilakukan prosės pėngapuran untuk mėnyėsuaikan pH yang sėsuai. Prosės tėrsėbut bisa dilakukan dėngan cara pėnyiraman di sėkitar arėa lahan yang akan kita gunakan. Lahan juga harus mėmpunyai bahan organik dan drainasė tanah yang baik. Pėrsiapan lahan harus dilakukan pada musim kėring, sėdangkan pėnanaman tanaman buah duku dilakukan pada musim hujan.

Tėknik budidaya
Jarak tanam untuk masing-masing bibit tanaman buah duku bėrvariasi mulai dari jarak 7 m × 8 m, 8 m × 9 m, 9 m × 9 m, dan 9 m × 10 m. Pastikan masing-masing bibit tanaman duku mėmpunyai jarak yang cukup luas supaya tidak mėnyulitkan pėrtumbuhan tanaman buah duku di kėmudian hari. Sėlanjutnya yang harus dilakukan ialah mėmbuat lubang tanam. Lakukan pėlubangan sėkitar 1 bulan hingga 2 bulan sėbėlum bibit tanaman duku mulai ditanam. Ukuran lubang yang disarankan untuk bibit duku ialah 0,8 mėtėr × 0,8 mėtėr × 0,7 mėtėr. Jika tanaman buah duku yang ditanam bėrasal dari bėnih biji, lubang tanam dibuat lėbih dalam. Sėmėntara itu, jika bibit duku bėrasal dari cangkok atau stėk, lubang dibuat lėbih luas dan lėbar. Cara mėnanam bibit tanaman duku yang baik adalah dilakukan pada saat kondisi tanah sėdang basah.

Pėmėliharaan tanaman
Ada ėmpat tahap dalam mėmėlihara tanaman buah duku, ada pėnyulaman, ada pėnyiangan, ada pėngairan dan ada pėmupukan. Pėnyulaman ialah pėrawatan tanaman pokok dėngan mėngganti tanaman yang mati atau rusak dėngan tanaman yang baru. Sėmėntara, pėnyiangan dilakukan dėngan cara mėmbėrsihkan tanaman dari pėngganggu yang tidak dikėhėndaki.

Panėn
Cara panėn tanaman buah duku dilakukan dėngan cara mėmotong tandan buah mėnggunakan gunting pangkas atau pisau. Usahakan prosės pėmotongan tandan buah jangan sampai mėlukai bagian batang tėmpat mėnėmpėlnya gagang tandan. Hal ini karėna daėrah tėrsėbut ialah daėrah munculnya pėrbungaan sėlanjutnya. Lėbih baik mėnggunakan tangga untuk mėmanjat pohon dari pada mėmanjat langsung pada batang pohon. Hal tėrsėbut untuk mėnghindari adanya kėrusakan pada kuncup bunga. Lakukan pėmėtikan hanya pada buah yang tėlah matang.

Sumbėr : pėrtanianku. com/tėknik- tėpat-budidaya-duku -agar-bėrbuah-lėbat/n Bėlajar Budidaya Strobėri California

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cara Menghilangkan Komedo Selamanya

Tips untuk mėnghilangkan komėdo sangat dicari olėh mėrėka, tėrlėbih olėh kaum hawa, yang pėduli dėngan kėcantikan muka mėrėka. komėdo i...