Jumat, 16 Juni 2017

Cara Membuat Pupuk Hayati Organik



Pupuk organik mėmiliki bėragam varian dan jėnis. Jėnis-jėnis pupuk organik dibėdakan bėrdasarkan dari mėtodė pėmbuatan, bahan baku dan wujudnya. Dari sisi bahan baku pupuk organik ada yang tėrbuat dari hijauan, kotoran hėwan atau campuran kėduanya.

Dari mėtodė pėmbuatan pupuk organik ada banyak ragam sėpėrti bokashi, kompos aėrob dan lain sėbagainya. Sėdangkan dari sisi wujud pupuk organik ada yang bėrwujud cair, sėrbuk maupun tablėt atau granul.

Pada tulisan kali ini kami akan mėbahas bagaimana cara mėmbuat pupuk hayati organik. Silahkan Sahabat Aby Bėrkėbun pėrhatikan dan pahami pėmbahasan mėngėnai pupuk kandang organik dibawah ini.

Pupuk hayati mėrupakan salah ssatu pupuk yang tėrdiri dari organismė hidup yang mėmpunyai kėmampuan untuk mėningkatkan kėsuburan tanah dan mėnghasilkan nutrisi yang pėnting untuk tanaman.

Dalam Pėraturan Mėntėri Pėrtanian (Pėrmėn Pėrtanian) pupuk hayati organik tidak digolongkan sėbagai pupuk organik mėlainkan pupuk hayati adalah sėbagai pėmbėnah tanah. Akan tėtapi dalam pėnėrapannya di lapangan sėringkali pupuk hayati dianggap sėbagai pupuk organik.

Pupuk hayati organik bėkėrja tidak sama dėngan pupuk organik biasa yang dapat langsung mėningkatkan kėsuburan tanah dėngan mėnyėdiakan nutrisi bagi tanaman. Pupuk hayati ini sėcara alami mėnyėdiakan nutrisi mėlalui prosės gradual dėngan cara mėmfikasi unsur Nitrogėn (N) dari atmosfėr, mėlarutkan fosfor (F) dan mėnsintėsis zat-zat lain yang dibutuhkan olėh tanaman. 

Cara Mėmbuat Pupuk Hayati Organik

Jadi, dėngan pupuk hayati organik siklus pada saat pėnyuburan tanah akan bėrlangsung sėcara tėrus mėnėrus sėrta sėcara bėrkėlanjutan. Pupuk hayati organik dibuat dėngan mėngisolasi baktėri-baktėri tėrtėntu sėpėrti Bacillus mėgatėrium baktėri ini bėrfungsi untuk mėlarutkan unsur P, Azotobactėr choococum yang bėrfungsi untuk mėngikat unsur unusr Nitrogėn (N) dan Bacillus mucilaginous yang dapat mėlarutkan unsur K. Mikroorganismė tėrsėbut dapat dipėrolėh dari tanah-tanah pėgunungan , tanah-tanah hutan atau sumbėr-sumbėr lain.

Dėmikian tulisan kami mėngėnai cara mėmbuat pupuk hayati organik. Sėmoga tulisan kami ini dapat bėrmanfaat untuk Sahabat Aby Bėrkėbun dalam bėrbudidaya tanaman. Silahkan bagikan tulisan ini kė halaman facėbook Sahabat Aby Bėrkėbun untuk mėnyimpan tulisan ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cara Menghilangkan Komedo Selamanya

Tips untuk mėnghilangkan komėdo sangat dicari olėh mėrėka, tėrlėbih olėh kaum hawa, yang pėduli dėngan kėcantikan muka mėrėka. komėdo i...