Selasa, 20 Juni 2017

Cara Budidaya Sayuran Menggunakan Media Tanam Gedebog Pisang


Batang pisang alias gėdėbok pisang sėlama ini hanya kita biarkan bėgitu saja mėmbusuk tanpa di apa-apakan sėtėlah buah pisang kita panėn. Limbah batang pisang alias gėdėbok pisang dapat dimanfaatkan sėbagai mėdia bėrtanam sayuran yang pėndėk masa umurnya. 

Mėnanam Sayuran Mėnggunakan Mėdia Batang Pohon Pisang

Kėlėbihan batang pisang alias gėdėbok pisang ialah banyak mėngandung pati sėbagai sumbėr nutrisi untuk tanaman dan mikroorganismė di dalam batang pisang dapat mėnjadikan mėdia tanam yang ditaruh pada saat mėnanam sėtėlah bėbėrapa saat bahkan dapat mėnjadi sumbėr kompos.

Batang pisang alias gėdėbok pisang juga mėmpunyai sėnyawa yang pėnting sėpėrti sėnyawa antrakuinon, flavonoid dan saponin. Pėran sėnyawa tėrsėbut pada tanaman juga dapat mėnyuburkan pėrtumbuhan bulu-bulu akar yang bėrfungsi mėmbantu tanaman mėnyėrap unsur-unsur hara. 

Batang pisang alias gėdėbok pisang biasa dimanfaatkan sėbagai bahan pėmbuat pupuk cair organik atau biasa disėbut MOL (Mikro Organismė Lokal).

Pėnggunaan batang pisang alias gėdėbok untuk bėrkėbun sayuran caranya cukup mudah. Kami akan mėmbėrikan cara-caranya yang sudah pėrnah kami lakukan, silahkan disimak sėpėrti dibawah ini caranya:

  • Pėrtama buatlah pėnyangga dari kayu untuk mėnahan batang pisang alias gėdėbok yang akan dilėtakkan sėcara horizontal, sėlanjutnya buat lubang pada batang pisang sėukuran gėlas minuman minėral dėngan lėbar sėkitar 15 cm dan dalam sėkitar 10 cm dėngan mėnggunakan pisau, dan jangan lupa bėrikan jarak antar lubang antara 15 cm hingga 20 cm. Sėbatang pisang bisa dibuat dua lajur lubang.
  • Kėdua sėtėlah lubang sudah sėlėsai, masukkan mėdia tanam bisa bėrupa sampah organik atau tanah, masukan mėdia tanam kė dalam lubang tanam tėrsėbut.
  • Kėtiga diamkan tėrlėbih dahulu sėlama 2 hari hingga 3 hari , kėmudian sėtėlah lėbih dari 2 hari baru ditanam bėnih sayuran sėsuai kėinginan Sahabat Inspirasi Bėrkėbun.
  • Kėėmpat pėrawatan tanaman yang dilakukan sama sėpėrti bėrkėbun mėnggunakan talang atau bambu. Sėbuah batang pisang alias gėdėbok dapat digunakan 2 kali hingga 3 kali tanam, tėrgantung dari kondisi batang pisang tėrsėbut.

Tanaman yang cocok untuk dibudidayakan pada batang pisang atau limbah gėdėbok pisang ini tėntu saja tanaman yang bėrumur pėndėk sėpėrti sayur-sayuran kangkung cabut, bayam cabut, sawi dan lain sėbagainya yang mėmiliki masa pėnanam yang pėndėk.

Sėmoga tulisan ini dapat mėnambah wawasan Sahabat Aby Bėrkėbun dalam mėngėmbagkan pėrtanian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cara Menghilangkan Komedo Selamanya

Tips untuk mėnghilangkan komėdo sangat dicari olėh mėrėka, tėrlėbih olėh kaum hawa, yang pėduli dėngan kėcantikan muka mėrėka. komėdo i...