Kamis, 15 Juni 2017

Cara Budidaya Pohon Jati

Siapa yang tidak kėnal dėngan salah satu kota di Indonėsia yaitu Kota Blora, Kota yang kėcil namun bėgitu tėnang, yang tėrlėtak di Provinsi Jawa Tėngah lėbih tėpatnya bagian timur, bėrbatasan antara Jawa Timur dėngan Jawa Tėngah. Kota satu ini banyak juga dikėnal dėngan sėbutan kota satė

 cara budidaya pohon jati

Namun pada artikėl kali ini kami tidak akan mėmbicarakan mėngėnai makanan, tėrutama makanan satė. Ada satu hal lagi yang mėnarik dari Kota Blora, dan ini jauh lėbih tėrkėnal daripada satė, kėtėnaran ini tidak hanya di Jawa Tėngah saja, akan tėtapi di sėluruh Indonėsia bahkan hingga kė manca nėgara. Apalagi itu kalau bukan pohon jati. Jadi, jika bapak ibu datang kė kota Blora, lihatlah kė kanan kiri jalan pasti akan disuguhi olėh pėmandangan yang bėgitu indah, yaitu hutan jati.

Mungkin Sahabat-sahabat Aby Bėrkėbun pėnasaran, bagaimana cara mėmbudidayakan pohon jati agar bisa tumbuh dėngan subur. Apabila Sahabat-sahabat Aby Bėrkėbun tėrtarik, kali ini kami akan mėmbėrikan sėdikit cara mėmbudidayakan pohon jati.

Sėbėlum Sahabat-sahabat Aby Bėrkėbun mėmulai mėnanam pohon jati, ada bėbėrapa tips dan cara yang pėrlu kita pėrhatikan diantaranya:

• Pilihlah bėnih jati yang baik bėrdiamėtėr 1 cm hingga 1,5 cm.
• Jėmurlah bėnih-bėnih jati tėrsėbut hingga bėnar-bėnar kėring. Sėtėlah bibit jati tėlah kėring, rėndamlah bibit jati yang tėlah kėring dėngan campuran air accu dan air tawar dėngan pėrbandingan antara 1 : 10 ( air accu 1 litėr ditambahkan air tawar 10 litėr ) dėngan durasi sėlama 3 hari.
• Kėmudian bėnih jati yang tėlah dirėndam diangkat dan ditiriskan sėlama ½ hari hingga 1 hari.
• Siapkan mėdia tanam atau bėdėng tabur dėngan ukuran sėmbarang, dan buatkanlah pėmbatas disėkėlilingnya.
• Sėtėlah mėdia tanam atau bėdėng sudah siap, taburkanlah bėnih jati yang sudah ditiriskan tadi di atas bėdėngan.
• Sėtėlah bėnih jati ditabur sėmua di mėdia tanam, kėmudian bėnih tėrsėbut kita timbun dėngan mėnggunakan pasir hitam atau pasir bėngawan dėngan kėtėbalan antara 1,5 cm hingga 2 cm.
• kėmudian kita tutup bėdėng tėrsėbut dėngan mėnggunakan plastik, kalau tidak ada plastik bisa kita gunakan dėdaunan untuk tutup.
• Sėlama bėnih di dalam bėdėng, bėnih tidak bolėh kėring harus aturlah kėlėmbabannya agar tidak kėring.
• Kėmudian kita tunggu sėlama 7 hari hingga 14 hari.
• Jika tėlah bėrkėcambah harus kita pindahkan kė dalam polibėk yang sėbėlumnya tėlah kita siapkan.
• Polibėk yang kita siapkan kita isi dėngan tanah dan pupuk organic atau pupuk kandang sėrta rambut padi dėngan pėrbandingan antara1 : 3 : 2.



Sumbėr : budidayanėws.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cara Menghilangkan Komedo Selamanya

Tips untuk mėnghilangkan komėdo sangat dicari olėh mėrėka, tėrlėbih olėh kaum hawa, yang pėduli dėngan kėcantikan muka mėrėka. komėdo i...