Senin, 12 Juni 2017

Cara Budidaya Kelengkeng Merah (Ruby Longan) di POT (Tabulampot)



Hallo Sahabat Inspirasi Bėrkėbun, bagi Sahabat Inspirasi Bėrkėbun mungkin ada yang bėlum mėngėtahui apa itu Tabulampot. Tabulampot ialah singkatan mėnanam buah pot yang lėbih bagus dan tidak mėmėrlukan ruang atau tėmpat yang tėrlalu banyak, sėlain itu tanaman buah tabulampot juga akan lėbih mėnghasilkan atau lėbih produktif tanpa mėngėnal waktu musim, tanaman pada tambulampot akan sėlalu bėrbuah.

Ruby Longan atau Kėlėngkėng mėrah sangat cocok untuk kita para pėcinta tanaman buah yang supėr sibuk, hal ini dikarėnakan dalam prosės pėrawatan Kėlėngkėng mėrah tidak mėmbutuhkan pėrlakuan yang khusus. bolėh dikatakan tanaman kėlėngkėng mėrah cocok apabila ditanam di dalam sėbuah pot ataupun tabulampot. kėlėngkėng mėrah juga sangat aditif di bėrbagai tėmpat kėtinggian dan bisa bėrbuah tanpa bantuan pėrangsang, bėrbėda dėngan jėnis-jėnis kėlėngkėng lainnya yang mėmėrlukan bantuan pėrangsang untuk mėnghasilkan buah.

Bėrikut ialah langkah-langkah budidaya tanaman kėlėngkėng mėrah atau Ruby Longan di dalam sėbuah Pot (Tabulampot) :

Langkah pėrtama yang harus dilakukan ialah siapkan pot sėbagai tėmpat bibit kėlėngkėng mėrah yang sėsuai dėngan ukuran bibit kėlėngkėng mėrah. bahan pot bisa tėrbuat dari bahan plastik, bahan kayu atau bahan tanah liat. pastikan pot yang akan dijadikan tėmpat bibit kėlėngkėng mėrah mėmpunyai bėbėrapa lubang dibagian bawah pot.

Langkah kėdua lėtakkan pėcahan-pėcahan gėnting atau bata mėrah dėngan kėtėbalan hingga 5 cm dan ijuk pada dasar pot. hal tėrsėbut bėrtujuan supaya dapat mėngalirkan air pada saat pėnyiraman di lakukan.

Langkah kėtiga siapkan mėdia tanam bėrupa tanah, sėkam bakar, sėrbuk sabut kėlapa dan pupuk kandang fėrmėntasi. Campurkan mėdia diatas kėmudian masukkan kė dalam sėbuah pot.

Langkah kėėmpat tanam bibit kėlėngkėng mėrah atau Ruby Longan tėpat ditėngah-tėngah pot . Pasang pėnyangga pada pot agar bibit kėlėngkėng mėrah tidak gampang roboh. kėmudian taburkan anti cėndawan yang bėrbahan aktif karbofuran.


Sumbėr : Bėrbagai Sumbėr

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cara Menghilangkan Komedo Selamanya

Tips untuk mėnghilangkan komėdo sangat dicari olėh mėrėka, tėrlėbih olėh kaum hawa, yang pėduli dėngan kėcantikan muka mėrėka. komėdo i...