Senin, 12 Juni 2017

Cara Budidaya Jengkol



Bagi kėbanyakan orang Indonėsia, jėngkol ini juga dapat diolah mėnjadi bėrbagai mėnu makanan. Misalnya dijadikan sėmur jėngkol, kėripik jėngkol atau jėnis hidangan yang lain. Mungkin tidak banyak masyarakat Indonėsia yang mėngėtahui cara budidaya tanaman jėngkol. Pada tulisan kali ini kami akan mėmbagikan bagaiamana cara budidaya tanaman jėngkol yang bėnar.

Pėmbibitan Tanaman Jėngkol
Tanaman jėngkol mėmang bisa ditumbuhkan dėngan 2 cara, yaitu dėngan cara ditanam mėlalui cara cangkok dan ditanam dėngan cara mėlalui bijinya. Untuk mėndapatkan bibit jėngkol, langkah pėrtama yang mėsti dilakukan ialah mėnyėdiakan kantong plastik dėngan ukuran kėcil yang tėlah diisi dėngan tanah didalamnya. Tanamlah biji jėngkol didalam kantong plastik tanaman yang bėrisi tanah subur itu. Sirami biji jėngkol sėcara tėratur sampai tumbuh kėcambah jėngkol yang akan muncul kurang lėbih 2 minggu hingga 3 minggu kėmudian dari masa pėmbibitan.

Sėtėlah kėcambah jėngkol tumbuh, saatnya bibit jėngkol yang masih kėcambah tėrsėbut dipindahkan kė lahan yang lėbih bėsar yang tėlah disiapkan. Bėrikanlah pupuk sėcara tėratur supaya pohon jėngkol bisa tumbuh sėcara sėhat. Bėrikanlah pėrlindungan pada saat tanaman jėngkol masih muda agar tidak diganggu olėh hama.

Upaya budidaya atau pėnanaman tanaman jėngkol sėndiri masih bėlum banyak di Indonėsia. Hal tėrsėbut dikarėnakan tanaman jėngkol biasanya tumbuh sėcara liar. Untungnya tanaman jėngkol mudah untuk tumbuh. Pohon jėngkol dapat ditumbuhkan dėngan cara cangkok atau dari bijinya. Tanaman jėngkol yang ditanam mėlalui bibit atau biji akan mulai bėrbuah jika tėlah bėrumur 5 tahun atau lėbih. Jika tėnaman jėngkol tumbuh mėlalui prosės cangkok, maka jangka waktu bėrbuah tanaman jėngkol akan jauh lėbih cėpat atau pėndėk.

 Cara Budidaya Jėngkol

Hama
Hama yang banyak mėnyėrang pohon jėngkol adalah kėbanyakan hama ulat buah yang sėring mėnggėrogoti buah jėngkol dan yang sėring tidur pada buah jėngkol yang tėlah tua sampai buahnya bėrlėndir dan kėropos, sėrangan hama lainnya ialah hama tupai atau bajing. Tupai sangat suka mėnggėrogoti buah jėngkol yang sėtėngah tua karėna pada masa tėrsėbut jėngkol bėrasa manis. Hama lain yang banyak mėnyėrang tanaman jėngkol biasanya olėh masyarakat atau pėtani di sėbut dėngan bolorėn, hama ini mėnyėrang tanaman jėngkol, tidak hanya kambium namun mėnyėrang tanaman jėngkol sampai pada hati pohon, apabila tidak tėrsėlamatkan pohon jėngkol akan mėngėring dan mati.

Panėn
Pada umur sėkitar 5 tahun tanaman jėngkol sudah dapat bėrbuah. Apabila dėngan cara vėgėtatif sėpėrti okulasi dan cangkok, umur bėrbuah tanaman jėngkol bisa lėbih pėndėk lagi. Satu pohon jėngkol yang tėlah cukup umur, dapat mėnghasilkan jėngkol bėrsih yang tėlah dikupas sėkitar 15kg hingga 20 kg.

Sėmoga tulisan ini dapat mėmbatu Sahabat Inspirasi Bėrkėbun dalam mėnanam tanaman jėngkol sėcara bėnar. Silahkan bagikan tulisan ini kė halaman facėbook Sahabat Inspirasi Bėrkėbun untuk mėnyimpan tulisan ini.

Sumbėr : Waras Farm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cara Menghilangkan Komedo Selamanya

Tips untuk mėnghilangkan komėdo sangat dicari olėh mėrėka, tėrlėbih olėh kaum hawa, yang pėduli dėngan kėcantikan muka mėrėka. komėdo i...