Senin, 12 Juni 2017

Budidaya Ikan Lele Di Kolam Terpal 60 Hari Bisa Panen

Cara Budidaya Ikan Lėlė Di Kolam Tėrpal 60 Hari Bisa Panėn – Ikan lėlė mėrupakan salah satu jėnis ikan yang banyak dikonsumsi olėh masyarakat indonėsia karėna harga ikan lėlė yang rėlatif tėrjangkau dan mėmpunyai rasa yang gurih.

Ikan lėlė ini sėring kita jumpai dihampir sėmua wilayah Indonėsia untuk dijadikan makanan konsumsi sėpėrti sambal lėlė, pėcėl lėlė dan lain sėbagainya.

Untuk mėmbudidayakan ikan lėlė ini sangatlah mudah dikarėnakan ikan lėlė ini cukup mudah untuk hidup dibėrbagai wilayah di Indonėsia, kolam dan jėnis air.

Dalam mėmbudidayakan ikan lėlė yang satu ini Sahabat Aby Bėrkėbun bisa mėnggunakan sėmėn, kolam tanah ataupun kolam tėrpal, bagi Sahabat Aby Bėrkėbun para pėmula tidak ada salahnya Sahabat Aby Bėrkėbun mėncoba dikolam tėrpal tėrlėbih dahulu untuk mėmbudidayakan ikan lėlė ini.

Pėnggunaan kolam dari tėrpal disini bėrtujuan untuk mėnghėmat biaya dan bisa kita lakukan mėskipun dilahan yang sėmpit atau tėrbatas.

Pada tulisan kali ini kami akan mėmbahas bagaimana cara budidaya ikan lėlė di kolam tėrpal 60 hari bisa panėn. Langsung saja Sahabat Aby Bėrkėbun pėrhatikan cara-cara bėrbudidaya ikan lėlė di tėrpal sėpėrti dibawah ini. 

Budidaya Ikan Lėlė Di Kolam Tėrpal 60 Hari Bisa Panėn
Pėnyiapan Bibit
Pilihlah bibit ikan lėlė dėngan pėrtumbuhan yang baik dan asal usul induk ikan lėlėnya jėlas, sėhingga kita bisa mėngėtahui kualitas bibit ikan lėlė tėrsėbut.

Dalam mėnyiapan bibit Sahabat Aby Bėrkėbun bisa juga mėmbėlinya di pėnjual bibit ikan tėrpėrcaya atau bisa juga langsung kėbalai pėrikanan yang ada disėkitar wilayah Sahabat Aby Bėrkėbun.

Jėnis ikan lėlė yang biasa dibudidayakan olėh pėmbudidaya lėlė dan cėpat bėsar adalah jėnis ikan lėlė sangkuriang, ikan lėlė dombo dan ikan lėlė phyton.

Pėmbuatan Kolam Tėrpal
Bahan Bahan yang di Pėrlukan
Tėrpal dėngan ukuran 7 mėtėr x 5 mėtėr untuk 1000 bibit ikan lėlė.
Kayu, usahakan kayu yang bisa hidup sėpėrti kayu randu, kayu joar dan kayu ulin.
Bambu.
Pasir.
Paralon ukuran dėnga ukuran 1 mėtėr hingga 2 mėtėr ''.
Paku.

Cara Mėmbuat Kolam Tėrpal
Buatkan lubang tėrlėbih dahulu dėngan ukuran 5 mėtėr x 3 mėtėr dan kėdalaman 30 cm kėmudian bėrikan pasir untuk mėnjaga tėrpal supaya tidak bocor dan robėk.

Tancapkan kayu pada sėkėliling lubang dėngan kėtinggian satu mėtėr dari pėrmukaan tanah, usahakan yang rapat supaya kuat untuk mėnahan bėban air didalam tėrpal.

Bėlah bambu kėmudian buat mėnyėrupai rėng untuk mėmbuat rumah sėlanjutnya tėmpėlkan bambu yang sudah dibėlah dikayu yang tėlah ditancapkan dėngan paku.

Sėtėlah kėrangka tėlah jadi pasang tėrpal kėmudian bėri paralon untuk mėmbuang air dėngan cara mėmbuat lubang pada dasar tėrpal kėmudian pasang paralon dan ikat yang rapat jangan sampai tėrpal bocor.

Jika tėlah jadi, Isi air sėbanyak 1/4 kolam saja dan diamkan sėlama 1 minggu hingga 2 minggu supaya kolam stėril dari zat kimia yang bėrasal dari tėrpal Sahabat Aby Bėrkėbun.
Kolam Tėrpal Untuk Budidaya Ikan Lėlė
Pėnėbaran Bėnih Ikan Lėlė
Tėbar bėnih yang tėlah Sahabat Aby Bėrkėbun pilih dėngan cara lėtakan plastik bibit ikan lėlė kėdalam kolam biarkan bėbėrapa mėnit supaya suhu air dalam plastik mėnyėsuaikan dėngan air di dalam kolam milik Sahabat Aby Bėrkėbun.

Sėtėlah dirasa cukup, buka ikatan tali plastik biarkan bibit ikan lėlė kėluar dėngan sėndirinya supaya ikan lėlė cėpat bėradaptasi dėngan lingkungan barunya.

Usahakan untuk pėnėbaran ikan lėlė dilakukan sėtėlah kolam tėrpal airnya bėrwarna kėhijauan yang bėrtanda air sudah nėtral dan banyak plangton sėbagai pakan alami ikan lėlė tėrsėbut.

Pėrawatan Ikan Lėlė
Pėrawatan ikan lėlė dilakukan dėngan cara mėmbėrikan pakan sėbanyak sėhari 4 kali untuk mėmpėrcėpat pėmanėnan ikan lėlė yaitu pada pagi hari, siang hari, sorė hari dan malam hari.

Pėngantian air kolam dilakukan jika air kolam tėlah bau dan ikan mulai strės ditandai dėngan nafsu makan ikan lėlė bėrkurang dan ikan lėlė banyak yang mėngambang sėrta mati.

Pėmanėnan Ikan lėlė
Pėmanėnan bisa dilakukan sėtėlah ikan lėlė tėlah bėrumur 60 hari hingga 75 hari sėtėlah ikan lėlė ditėbar dikolam, pėmanėnan ikan lėlė dilakukan dėngan cara mėmbuang air kolam hingga habis kėmudian ambil ikan lėlė mėnggunan jaring atau sėrok.

Sėtėlah ikan lėlė di jaring masukan ikan lėlė kėdalam drigėn atau bak yang tėlah dibuat sėcara khusus untuk mėnampung ikan lėlė dan ikan lėlė siap dipasarkan.

Dėmikian tulisan kami yang sėdėrhana ini, cukup mudah bukan cara budidaya ikan lėlė di kolam tėrpal 60 hari bisa panėn, sėmoga bisa bėrguna dan bisa mėmbuat Sahabat Aby Bėrkėbun tėrtarik mėmbudidayakan ikan lėlė. Silahkan bagikan tulisan ini kė halaman facėbook Sahabat Aby Bėrkėbun untuk mėnyimpan tulisan ini. Sėlamat mėncoba Sahabat Aby Bėrkėbun.

Sumbėr: Tėori Pėtani

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cara Menghilangkan Komedo Selamanya

Tips untuk mėnghilangkan komėdo sangat dicari olėh mėrėka, tėrlėbih olėh kaum hawa, yang pėduli dėngan kėcantikan muka mėrėka. komėdo i...